PEMBELAJARAN BUDIDAYA TANAMAN HIAS BAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA (Studi Deskriptif Kualitatif di Kelas X Jenjang Sekolah Menengah Atas SLB A Pembina Tingkat Nasional)

RISA MUSTIKASARI, . (2017) PEMBELAJARAN BUDIDAYA TANAMAN HIAS BAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA (Studi Deskriptif Kualitatif di Kelas X Jenjang Sekolah Menengah Atas SLB A Pembina Tingkat Nasional). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Risa Mustikasari (1335130124).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai pelaksanaan pembelajaran budidaya tanaman hias, subjek dalam penelitian ini terdiri dari empat orang peserta didik kelas X di SMALB SLB A Pembina Tingkat Nasional. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pembelajaran budidaya tanaman hias dilakukan dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Materi dalam pembelajaran budidaya tanaman hias dikembangkan sendiri oleh guru, karena pemerintah belum memfasilitasi buku pembelajaran budidaya tanaman hias. Media dalam pembelajaran budidaya tanaman hias berupa peralatan dan bahan untuk bertani. Evaluasi yang digunakan guru adalah evaluasi praktik dengan melihat dari proses sampai hasil karya peserta didik menanam tanaman hias. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berhasil mengembangkan pembelajaran budidaya tanaman hias bagi peserta didik tunanetra. Hasil ini didukung dari materi yang guru pilihkan dengan melihat tanaman hias yang sedang ramai di pasaran, bernilai ekonomi yang tinggi, mudah dalam mendapatkan bibit tanaman hias, dan proses penanaman yang tidak terlalu sulit. This study attempts to obtain information on the implementation of learning of cultivation’s ornamental plants from class X of SMALB SLB A Pembina Tingkat Nasional. The method used is the descriptive method with a qualitative approach. The data collection is done through observation, interview and documentation. The learning of cultivation’s ornamental plants is done from the planning, the implementation and the evaluation. The research result shows that the teacher makes planning, implementation and evaluation in arranged. The material in learning is developed itself by teachers, because the government has not been facilitated learning book of ornamental plants cultivation. The media in learning cultivation ornamental plants are equipment and materials for farming. The evaluation used is nontest or practice. The implication of this research is visually impairment students given with learning of cultivation’s ornamental plants can give understanding and knowledge about plants in the environment and makes visually impairment students independent after graduating from senior high school through learning cultivation’s ornamental plants.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marja, M.Pd. 2). Dra. Siti Nuraini Purnamawati, M.Sp.Ed.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 05:29
Last Modified: 20 Apr 2022 05:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27216

Actions (login required)

View Item View Item