KONSTRUKSI SOSIAL KONSUMSI KOSMETIK HALAL OLEH PEREMPUAN MUSLIM (Studi pada Delapan Pengguna Kosmetik Halal di Jakarta dan Bekasi)

SALBIAH, . (2017) KONSTRUKSI SOSIAL KONSUMSI KOSMETIK HALAL OLEH PEREMPUAN MUSLIM (Studi pada Delapan Pengguna Kosmetik Halal di Jakarta dan Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Kosmetik.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana konstruksi sosial dalam konsumsi kosmetik halal oleh perempuan Muslim, dengan merujuk pada tujuan yang hendak dibangun dan alasan perempuan Muslim mengonsumsi kosmetik halal. selain itu juga membahas bagaimana perempuan Muslim mendapatkan pengetahuan agama serta bagaimana pengaruh nilai-nilai agama diterapkan pada kehidupan sehari-hari sehingga muncul kesadaran dalam mengonsumsi produk halal, khususnya pada kosmetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini di lakukan pada wilayah Bekasi dan Jakarta. Waktu penelitian dimulai dari Oktober sampai dengan Desember 2016. Sedangkan waktu penyusunan terhitung dari bulan Agustus 2016 hingga saat ini Juli 2017. Informan dalam penelitian ini merupakan delapan perempuan Muslim pengguna kosmetik halal dengan beragam rentang waktu pemakaian kosmetik dan juga memiliki latar belakang tingkat pendidikan formal yang sama. Selain itu, informan juga merupakan perempuan Muslim yang sudah bekerja. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi literatur, internet, dan studi pustaka lainnya yang berkaitan dnegan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan studi literature dalam pengumpulan data. Penelitian ini menemukan bahwa keluarga, lingkungan sosial, lembaga pendidikan, serta media massa berperan dalam proses pemahaman nilai-nilai agama, salah satunya pengetahuan hukum halal. Selain itu, konsumsi kosmetik halal dilakukan sebagai cara perempuan Muslim untuk beradaptasi dengan lingkungan sosialnya. Selain itu, konsumsi kosmetik halal merupakan pemenuhan kebutuhan sebagai bagian dari masyarakat modern dan juga pemenuhan kebutuhan rohani dalam dirinya, seperti perasaan nyaman yang ditimbulkan karena telah mengikuti aturan agama dalam konsumsi. This study aims to analyze how social construction works on halal cosmetic consumption among Muslim women, by emphasizing on the purposes that will be built and the reasons of consumption. This study also investigates how Muslim women acquire religious knowledge as well as its impact on daily life so that arise consciousness to consume halal product, specifically halal cosmetics products. Data were collected from eight young Muslim women as the consumer of halal cosmetics products by using the qualitative approach. This study was held in Jakarta and Bekasi and conducted from October 2016 through July 2017. The informants of this study are eight Muslim women as halal cosmetics users who have different time period of using halal cosmetics and have same background of formal education. Other than that, the informants are working women on different fields. Data was collected through interview, observation, and the study of literature. This study also found that family, social environment, education institution, and mass media playing role on the process of comprehension of religion value, one of which is halal law. Other than that, consumption of halal cosmetics is the way of how they adapted on their social environment. In addition, the consumption of halal cosmetics products is to meet the needs as part of modern society and spirituality, such as self- composed by obey the rules of religious value on consumption.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Abdi Rahmat M.Si 2) Rusfadia Sakti Yanti Jahja M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 05:32
Last Modified: 20 Apr 2022 05:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27221

Actions (login required)

View Item View Item