MENINGKATKAN KONSEP DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN KOOPERATIF(COOPERATIVE PLAY) (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok B TK Tunas Wiratama Rawamangun, Jakarta Timur )

RISKA AZIZAH, . (2017) MENINGKATKAN KONSEP DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN KOOPERATIF(COOPERATIVE PLAY) (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok B TK Tunas Wiratama Rawamangun, Jakarta Timur ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Riska Azizah 1615121272.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsep diri anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Wiratama, Rawamangun, Jakarta Timur, melalui bermain kooperatif yang dilaksanakan pada bulan November – Desember 2016. Subjek dalam penelitian ini melibatkan anak-anak dari kelompok TK B2 yang berjumlah 7 orang anak, yaitu 4 anak perempuan dan 3 anak laki-laki. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan non tes untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tindakan, dan data konsep diri anak yaitu melalui observasi yang berupa catatan lapangan, catatan wawancara, catatan dokumentasi, serta pedoman penilaian konsep diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain kooperatif dapat meningkatkan konsep diri anak usia 5-6 tahun. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa bermain kooperatif dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran di kelas untuk membantu meningkatkan konsep diri anak, dengan pelaksanaan kegiatan yang dirancang menarik dan bervariasi. This study aims to improve the self-concept of children aged 5-6 years in kindergarten Tunas Wiratama, Rawamangun, East Jakarta, through cooperative play that was conducted in November-December 2016. The subject of the study involving children from kindergarten group B2 totaling 7 children, namely 4 girls and 3 boys. The method used is classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of planning (planning), action (acting), observation (observing) and reflection (reflecting). Data collection techniques used non-test to obtain data on the implementation of the action, and the child's self concept of data through observation in the form of field notes, interview notes, documentation records, as well as guidelines on the assessment of self-concept. The results showed that the cooperative play can enhance the self-concept of children aged 5-6 years. The implication of this study is that the cooperative play can be used as an alternative in the classroom to help improve the child's self concept, with the implementation of activities designed interesting and varied.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sofia Hartati, M.Si. 2). Dr. Anan Sutisna, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 05:33
Last Modified: 20 Apr 2022 05:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27222

Actions (login required)

View Item View Item