PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN KENDARAAN RODA EMPAT ATAU LEBIH SEBAGAI SUMBER BELAJAR FISIKA SMA

YUNI ROMLAH, . (2017) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN KENDARAAN RODA EMPAT ATAU LEBIH SEBAGAI SUMBER BELAJAR FISIKA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Yuni Romlah_3215133251.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan pengetahuan kendaraan roda empat/lebih yang dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen penilaian produk dan respon siswa berupa angket dengan teknik analisis data menggunakan perhitungan skala likert. Instrumen penilaian buku pengayaan berpedoman pada instrumen penilaian buku pengetahuan yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) terdiri atas 4 komponen, yaitu kelayakan materi, penyajian, bahasa dan grafika. Hasil uji kelayakan oleh ahli media 78%, ahli materi 82%, ahli pembelajaran 84%, dan ahli grafika 84%. Berdasarkan hasil uji kelayakan tersebut diperoleh persentase rata-rata sebesar 82%. Disamping itu uji efektivitas diperoleh skor gain 0,47, yang menunjukkan buku pengayaan dapat meningkatkan pengetahuan siswa dalam kategori “sedang”. Berdasarkan uji kelayakan dan uji efektivitas tersebut dapat disimpulkan bahwa buku pengayaan pengetahuan kendaraan roda empat/lebih dinyatakan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dan dapat meningkatkan pengetahuan siswa. This research aims to develope a knowledge enrichment book of fourwheeled/more vehicle that can be used as a learning resource for senior high school students. The research method used is Research and Development method which refer to ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrument of product assessment and student response in the form of questionnaire with technique of data analysis using likert scale calculation. The enrichment book appraisal instrument is guided by the knowledge book appraisal instrument published by the Center for Curriculum and Bookkeeping (Puskurbuk) consists of 4 components, namely material, presentation, language and graphics feasibility. Feasibility test by media expert 78%, material expert 82%, learning expert 84%, and graphic expert 84%. Based on the feasibility test results obtained an average percentage of 82%. In addition, the effectiveness test obtained a gain score of 0.47, which shows the book enrichment can increase students knowledge in "medium" category. Based on the feasibility test and effectiveness test it can be concluded that the book enrichment knowledge of four-wheeled/more vehicle is very feasible to be used as a source of learning and it can increase students knowledge.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Desnita, M.Si 2) Dra. Raihanati, M.Pd
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 05:45
Last Modified: 20 Apr 2022 05:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27229

Actions (login required)

View Item View Item