HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC PROCRASTINATION DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN

YUSRI ANNISA AULIANA, . (2016) HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC PROCRASTINATION DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3415111371_YUSRI ANNISA AULIANA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fisiologi Tumbuhan merupakan salah satu mata kuliah yang dianggap memiliki materi yang kompleks, sulit dan tugas yang banyak. Anggapan ini membuat mahasiswa seringkali merasa enggan atau malas untuk mengerjakan tugas perkuliahan dan mendorong mahasiswa untuk menghindari tugas-tugas yang seharusnya dikerjakan. Dengan kata lain, mahasiswa melakukan penundaan untuk mulai mengerjakan tugas perkuliahan sejak jauh hari. Perilaku ini disebut dengan academic procrastination. Perilaku menunda ini dapat menyebabkan tugas perkuliahan tidak selesai atau selesai dengan tidak maksimal sehingga hasil belajar menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara academic procrastination (X) dengan hasil belajar mahasiswa (Y) pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi dan Progam Studi Biologi pada Bulan November-Desember 2015. Metode yang digunakan adalah ex post facto dengan jumlah sampel sebanyak 86 mahasiswa yang diambil dengan cara random sampling. Data academic procrastination dan hasil belajar Fisiologi Tumbuhan mahasiswa berdistribusi normal dan homogen. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif yang signifikan antara academic procrastination dengan Hasil Belajar dengan koefisien korelasi rxy sebesar -0,666 pada persamaan Ŷ = 117,674 - 0,379X. Academic procrastination memberikan kontribusi terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan sebesar 44,4%. Plant Physiology is one of the subjects that are considered have the complex content , difficult and many tasks. This assumption makes the students often feel reluctant or lazy to do chores lectures and encourage students to avoid tasks that should be done. In other words, students do delay to begin the task of lectures from a long day. This behavior is called with academic procrastination. This delay can lead to behavioral task is not finished or finished college with no maximum study results to be low. This delay behavior can cause the task is not completed or is completed with no maximum so that study results to be low. The aim of this research is to know the correlation between academic procrastination (x) and student learning result of Plant Physiology subject (y). This research was held on November to December 2015. The method used in this research is ex post facto. The sample of this research are 86 students from Biology Education Program and Biology Program who are taken by using Random Sampling. Prerequisite analysis test of academic procrastination and student learning result indicates that the data were normally distributed and homogeneous. The results of this study was that there is a significant negative correlation between academic procrastination and student learning result of Plant Physiology subjects with rxy = -0.666 in the equation Ŷ = 117.674 – 0.379X. Academic procrastination contributes to student learning result of Plant Physiology subjects in the amount of 44.4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Ratna Dewi W., M. Si 2) Dra. Supriyatin, M. Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 05:51
Last Modified: 20 Apr 2022 05:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27234

Actions (login required)

View Item View Item