RISMA TANTIA MARDIANA, . (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV MELALUI METODE MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) DI SDN MALAKA JAYA 04 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
RISMA TANTIA MARDIANA 1815130328.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk menganalisis metode mind mapping terhadap peningkatan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV di SDN Malaka Jaya 04 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Malaka Jaya 04 Pagi, Duren Sawit, Jakarta Timur dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV-a yang berjumlah 29 orang siswa, yang terdiri dari 15 orang siswa dan 14 orang siswi . Model tindakan yang digunakan adalah model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart. Adapun tahapan Penelitian Tindakan Kelas adalah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, pengamatan, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) dapat meningkatkan keterampulan menulis narasi siswa. Pada siklus I sejumlah 19 siswa memeroleh nilai ≥70 dengan presentase sebanyak 65,52%. Pada siklus II sebanyak 24 siswa mendapat nilai ≥70 dengan presentase sebanyak 82,76%. Aktivitas guru dalam pembelajaran siklus I mencapai 82,5% sedangkan aktivitas siswa mencapai 75%. Pada siklus II peningkatan telah terjadi pada aktivitas guru sebesar 95% dan aktivitas siswa menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa penerapan metode mind mapping pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. The purpose of this classroom action research (CAR) is to analyze the method of Mind Mapping to increase narrative writting skills at fourth grade students at SDN Malaka Jaya 04, East Jakarta. The subject of this study is fourth grade students of SDN Malaka Jaya 04 Duren Sawit, East Jakarta with a total of 29 students that consist of 15 boys and 14 girls. The action modelsthat is used for this study is cyclus models of Stephen Kemmis and Mc.Taggart . The stage of a Classroom Action Research includes planning, action, observation and then reflection. The data collection techniques in this study is tests, observations, field notes and documentation. Result of the research showed that mind mapping method can improving narrative writting skills of students. In the fisrt cycle are many 19 students gets scored ≥70 with 65,52% in a precentage. In the second cycle a number of 24 students get the value ≥70 with 82,76% in a precentage. The activity of teacher in the learning cycle I reached 82,5% meanwhile, activties students reached 75%. In the cycle II increase has happened of teacher activity amounted 95% and to be 87,5% of students activity. Based on the result of this research can conclude that narrative writing skills in the learning of Indonesian language can be improved by the application of the mind mapping method.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. 2). Dra. Sri Kawuryan, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 05:53 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 05:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27235 |
Actions (login required)
View Item |