AKTIVITAS GURU PKN DALAM MENANAMKAN KESADARAN HUKUM SISWA TAAT TATA TERTIB SISWA (Studi Kualitatif di SMA Negeri 7 Kota Tangerang Selatan, Villa Melati Mas Blok-J Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan)

SEKAR ROSANA PUTRI, . (2017) AKTIVITAS GURU PKN DALAM MENANAMKAN KESADARAN HUKUM SISWA TAAT TATA TERTIB SISWA (Studi Kualitatif di SMA Negeri 7 Kota Tangerang Selatan, Villa Melati Mas Blok-J Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Sekar Rosana Putri.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran atau informasi mengenai aktivitas guru PKN SMA Negeri 7 Kota Tangerang Selatan, Villa Melati Mas Blok-J Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten dalam menanamkan kesadaran hukum siswa taat tata tertib siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah dengan tahap reduksi data, penyajian data dan kemudian membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru PKN SMA Negeri 7 Kota Tangerang Selatan telah melaksanakan aktivitas yang berkaitan dengan penanaman kesadaran hukum kepada siswa-siswi SMA Negeri 7 Kota Tangerang Selatan. Aktivitas tersebut meliputi aktivitas mengajar dan mendidik seperti memberikan pemahaman kepada siswa mengenai aturan yang berlaku di sekolah maupun di dalam masyarakat, memberikan nasihat-nasihat, nilai-nilai, moral dan motivasi, menegur siswa apabila melanggar peraturan tata tertib siswa maupun berperilaku tidak baik. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ialah bahwa melalui aktivitas yang dilakukan oleh guru terutama guru PKN memiliki andil dalam menanamkan kesadaran hukum siswa taat tata tertib sekolah. Guru PKN memiliki andil karena di sekolah siswa-siswi diajarkan materi yang erat berkaitan dengan nilai-nilai, moral, hukum, dan bagaimana berperilaku baik yang sesuai dengan Pancasila. Guru merupakan sosok yang dihormati oleh siswa serta menjadi panutan bagi siswa dalam keseharian mereka. This research aims to get descriptions and informations about civic education teacher’s activity of SMA Negeri 7 Kota Tangerang Selatan, Villa Melati Mas Blok-J Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten in instilling student’s legal awarness to school rules. This research use qualitative describtive method. To collect the data, it used observation, interview, documentation, and field notes. About data analisyt technic, it used data reduction step, serve data and then make a summary. The research results show that civic eduaction teachers of SMA Negeri 7 Kota Tangerang Selatan did the activities that relate to instilling student’s legal awarness to the students of SMA Negeri 7 Kota Tangerang Selatan. The activities like teach and educate the students for examples provide students understanding about school rules or community rules, give some advices, values, moral, and motivation, speak to the students that breaking the rules and give awarness for don’t break any rules in the future. The summary of this research is that through activities from teachers especially civic education teachers have an impact for instilling a legal awarness to school rules. Civic education teachers have an impact because of the students given any information like values, moral, law, and how to being a good person with manners that according to Pancasila. Teacher is person that highly respected by students as well as a role model for students in their daily lives.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dwi Afrimetty Timoera, SH, MH. 2) Mohammad Maiwan, Ph.D
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 06:27
Last Modified: 20 Apr 2022 06:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27256

Actions (login required)

View Item View Item