PEMANFAATAN FLASHCARD DALAM PENDEKATAN PEMBELAJARAN MONTESSORI DI BULAN BINTANG ISLAMIC MONTESSORI PRESCHOOL

RIZKI KHOIRUNNISA, . (2016) PEMANFAATAN FLASHCARD DALAM PENDEKATAN PEMBELAJARAN MONTESSORI DI BULAN BINTANG ISLAMIC MONTESSORI PRESCHOOL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI RIZKI.KHOIRUNNISA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan bagaimana pemanfaatan flashcard dalam pendekatan pembelajaran Montessori di Bulan Bintang Islamic Montessori Preschool, yang meliputi persiapan, pelaksanaan, tindak lanjut. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan survei. Melalui kegiatan observasi di lapangan, wawancara, dan pengumpulan data. Peneliti menggambarkan situasi apa adanya sesuai dengan keadaan dari hasil temuan di lapangan. Apa yang ditulis oleh peneliti adalah hasil dari pengambilan data dari responden terkait. Responden tersebut adalah guru Pra Sekolah Bulan Bintang Islamic Montessori, 5 peserta didik Pra Sekolah Bulan Bintang Islamic Montessori. Penelitian yang berlangsung sejak 07 September 2016 sampai tanggal 30 Mei 2016 ini menggunakan dua instrumen, yaitu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pemanfaatan flashcard dalam pendekatan pembelajaran Montessori sudah cukup memenuhi strategi pemanfaatan Arief Sadiman. Adapun saran untuk penelitian ini yaitu, pimpinan sekolah, guru, dan peserta didik hendaknya menjadikan flashcard dalam pendekatan pembelajaran Montessori sebagai sumber belajar yang dapat memenuhi aspek perkembangan bahasa peserta didik. The purpose of this study is to describe how the utilization of flashcard in Montessori learning approach at Bulan Bintang Islamic Montessori Preschool, which includes preparation, implementation, and follow-up. The method that used in this research is descriptive method with survey approach. Through field observation, interviews, and data colletion. The researcher describes the situation based on the real condition of the findings. The researcher presents the result of retrieval data from the related respondents. The respondents are the teachers from Bulan Bintang Islamic Montessori Preschool. The study that was conducted from September 7, 2015 until May 30, 2016, used two instruments, namely the observation and interview guides. The result of study shows that the utilization of Montessori media learning in vocabulary learning is generally sufficient to meet the utilization strategy by Arief Sadiman. The suggestion for this study are, school headmaster, teacher, and students should use the Montessori learning media as learning resource that can meet the aspects of the students’ language development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Cecep Kustandi, M.Pd. 2). Kunto Imbar Nursetyo, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 06:37
Last Modified: 20 Apr 2022 06:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27262

Actions (login required)

View Item View Item