KEMITRAAN DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA AL-AZHAR KELAPA GADING JAKARTA UTARA

RIZKI PRATAMA SATRIA, . (2017) KEMITRAAN DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA AL-AZHAR KELAPA GADING JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (869kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (586kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (322kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA UJIAN .pdf

Download (385kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Kemitraan dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Al-Azhar Kelapa Gading bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran mengenai Perencanaan Kemitraan, Pelaksanaan Kemitraan, serta Monitoring dan Evaluasi Kemitraan. Penelitian dilakukan pada bulan November 2016 hingga Juli 2017 menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tahapan kredibilitas data, transferabilitas, dependabilitas dan konformabilitas. Hasil dari pembahasan penelitian dalam perencanaan kemitraan dapat dilakukan dengan didasarkan analisis kebutuhan, kemudian dilakukan analisis partnership untuk mengenal calon mitra, pembahasan proposal, perundingan dan penandatanganan MoU. Dalam melaksanakan kemitraan memperhatikan soal kesesuaian, yang artinya pihak mitra harus memiliki kriteria yang sesuai dengan ciri khas SMA Al-Azhar Kelapa Gading yang berbasis keagamaan dan program kemitraan yang dilakukan antara kedua belah pihak sesuai dengan kebutuhan sekolah. Dalam monitoring dan evaluasi terdapat beberapa strategi yaitu melakukan pemantauan langsung selama program kemitraan berlangsung dan melakukan evaluasi baik secara lisan dan tulisan untuk menganalisis kelemahan dan kekurangan program kemitraan sehingga di masa yang akan datang hasil monitoring dan evaluasi dapat menjadi masukan agar program kemitraan mendatang dapat lebih efektif. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian ini sebaiknya dapat mempertahankan kesinambungan kemitraan sebagai faktor pendukung jalannya manajemen berbasis sekolah. The research entitled Partnership in Implementation of School Based Management at SMA Al-Azhar Kelapa Gading aims to identify and obtain an overview of the Partnership Planning, the Partnership Implementation, and the Partnership Monitoring and Evaluation. The research was conducted from November 2016 to July 2017 using a qualitative approach within description method. Data were collected through interviews, observation, and documentation studies. Data analysis was performed through the stages of data reduction, data display, and verification. Investigation and checking the validity of data was performed through the stages of data credibility, transferability, dependability and confirmability. The results of research discussions in partnership planning can be done based on needs analysis, then analyzing the partnership to know potential partners, proposal discussion, negotiation and signing of MoU. In carrying out the partnership to pay attention to the matter of conformity, which means that the partner must have the criteria in accordance with the characteristics of SMA Al-Azhar Kelapa Gading based on religious and partnership programs conducted between the two sides in accordance with the needs of the school. In monitoring and evaluation, there are several strategies that are to conduct direct monitoring during the partnership program and to evaluate both orally and in writing to analyze the weaknesses and lack of partnership program so that in the future monitoring and evaluation result can be an input for future partnership program can be more effective . Advice can be given for this research should be able to maintain the continuity of the course of the partnership as a factor supporting schoolbased management.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Supadi, M.Pd. 2). Winda Dewi Listyasari, M.Pd.
Subjects: Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 06:59
Last Modified: 20 Apr 2022 06:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27270

Actions (login required)

View Item View Item