POLA ASUH ORANG TUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNAGRAHITA) DALAM MENGAJARKAN IBADAH SHALAT DAN PUASA (Studi Kasus Orang Tua Murid di SLB Mini Bakti, Kayu Jati, Jakarta Timur)

SHAFINATUS SAKINAH, . (2017) POLA ASUH ORANG TUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNAGRAHITA) DALAM MENGAJARKAN IBADAH SHALAT DAN PUASA (Studi Kasus Orang Tua Murid di SLB Mini Bakti, Kayu Jati, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SHAFINATUS SAKINAH.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini berbicara mengenai pola asuh orang tua anak berkebutuhan khusus (tunagrahita) di SLB Mini Bakti dalam mengajarkan ibadah shalat dan puasa, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dan hasil dari pola asuh tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan teori pola asuh yang dikemukakan oleh Baumrind. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, daftar ceklis dan dokumentasi. Karena penelitian ini merupakan penelitian yang fokus pada penerapan pola asuh dan hasil dari penerapan pola asuh dalam pembiasaan ibadah shalat dan puasa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari empat informan, peneliti menemukan semua jenis-jenis pola asuh yaitu, pola asuh permisif, pola asuh demokratis, dan pola asuh otoriter. Tiap pola asuh yang diterapkan masing-masing orang tua menghasilkan perilaku yang berbeda pada tiap anak. Orang tua yang menerapkan pola asuh permisif dalam mengajarkan ibadah shalat dan puasa menghasilkan kurangnya dampak pada anak. Sedangkan orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis dalam mengajarkan ibadah shalat dan puasa menunjukan hasil yang berbeda, terjadi perubahan pada anak meskipun tidak setiap hari. Dan yang terakhir, orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter dalam mengajarkan ibadah shalat dan puasa tidak menghasilkan dampak apapun dan justru membuat anak tertekan dan semakin sulit dalam mengontrol emosi. This research shows parenting pattern of children with special needs (mental retardation) in SLB Mini Bakti in teaching the prayer and fasting, the purpose of this research is to know the parenting pattern applied by the parents and the result of the parenting pattern. The method used in this study is descriptive qualitative with parenting theory approach proposed by Baumrind. The techniques that used for collect the data are interviews, observations, checklist lists and documentation. Because this research is focus on the application of parenting and the result of the application of parenting pattern in teaching prayer and fasting rituals. The results of this study indicate that from four informants, researchers found all the types of parenting: permissive parenting, democratic parenting and authoritarian parenting. Each parenting pattern applied by each parent produces different behaviors for each child. Parents who apply permissive parenting practices in teaching prayer and fasting lead to a lack of impact on children. While parents who apply democratic parenting in teaching the prayer and fasting shows different results, there is a change in children though not every day. And finally, parents who apply authoritarian parenting in teaching prayer and fasting do not produce any impact and instead make children depressed and more difficult in controlling emotions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Firdaus Wajdi, P.hd 2) Ahmad Hakam, M.A
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 07:01
Last Modified: 20 Apr 2022 07:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27271

Actions (login required)

View Item View Item