MENINGKATKAN KEMAMPUAN AKORD DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK MAHASISWA DENGAN AUTISME MENGGUNAKAN PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNICATON SYSTEM) (Single Subject Research di Politeknik Negeri Jakarta, Depok, Jawa Barat)

ROCVICKA ZACHRA, . (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN AKORD DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK MAHASISWA DENGAN AUTISME MENGGUNAKAN PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNICATON SYSTEM) (Single Subject Research di Politeknik Negeri Jakarta, Depok, Jawa Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Rocvicka Zachra (1335133644).pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan kemampuan akord dalam pembelajaran seni musik menggunakan media Picture Exchange Communication System (PECS) pada mahasiswa dengan autisme. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 di Politeknik Negeri Jakarta, Depok, Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah Single Subject Research (penetitian subyek tunggal) menggunakan desian A-B. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan di analisis dengan cara analisis dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Picture Exchange Communication System (PECS) berpengaruh pada anak dengan autisme. Jadi guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap mahasiswa sehingga dapat merancang media yang bervariasi dalam mengembangkan kemampuan akord dalam pembelajaran seni musik. The purpose of this research is to know and explain chord ability in learning music art using Picture Exchange Communication System (PECS) on students with autism. The subject in this research is the 4th semester student at State Polytechnic of Jakarta, Depok, West Java. The method is Single Subject Research (single subject research) using A-B descriptions. Data collection is done by using observation and analysis by way of analysis in condition. The results showed that the Picture Exchange Communication System (PECS) had an effect on children with autism. So teachers need to know the capabilities and needs of each student so as to design a variety of media in developing the chords in music art learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ishak Gerald Bachtiar, M.Pd. 2). Lalan Erlani, M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 11:39
Last Modified: 20 Apr 2022 11:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27278

Actions (login required)

View Item View Item