SABILA YASSARAH, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA “ CAHAYA DAN SIFATNYA” MELALUI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI - Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Cahaya dan SIfat-Sifatnya Melalui Strategi Pembelajaran Cooperative Learni~1.pdf Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (162kB) |
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar IPA tentang Cahaya dan Sifat-Sifatnya dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD pada siswa kelas V SD Cilandak Timur 05 Pagi, Jakarta Selatan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pengamatan,pelaksanaan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Desember 2016 dengan subyek penelitian berjumlah 30 siswa yang duduk di kelas V SD Cilandak Timur 05 Pagi, Jakarta Selatan. Pada siklus pertama, hasil belajar IPA mencapai 66,67%, sedangkan pada siklus kedua mencapai 83,43%. Adapun nilai pengamatan proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD pada siklus pertama mencapai 77,5% dan pada siklus kedua mencapai 92,5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Cahaya dan Sifat-Sifatnya pada siswa kelas V SD Cilandak Timur 05 Pagi, Jakarta Selatan. The problems in this research is how science learning results about the light and its characteristic can be increased through cooperative learning strategy type STAD in fifth grade of SDN cilandak 05 Pagi South Jakarta. The problem in this research is how the results of learning about science and nature-Its light can be enhanced through learning strategies STAD Cooperative Learning in Class V SD 05 Pagi East Cilandak, South Jakarta. This study was conducted in two cycles. Each cycle using procedures which are planning actions, observations, implementation and reflection. The research was conducted from September to December 2016 with the study subjects were 30 students sitting in class V SD 05 Pagi East Cilandak, South Jakarta. n the first cycle, learning outcomes IPA reached 66.67%, while in the second cycle reaches 83.43%. The value of observation learning process by using learning strategies STAD Cooperative Learning in the first cycle of 77.5% and in the second cycle reached 92.5%. From these results it can be concluded that the use of learning strategies STAD Cooperative Learning in learning can improve learning outcomes IPA about Light and Its Properties in Class V SD 05 Pagi East Cilandak, South Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Suprayekti, M.Pd. 2). Mulyadi M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 13:19 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 13:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27286 |
Actions (login required)
View Item |