PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA BERDASARKAN KELAS SOSIAL (Studi Komparatif pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri se-Kecamatan Bekasi Selatan )

SAFIRA LUTHFIANNISA, . (2017) PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA BERDASARKAN KELAS SOSIAL (Studi Komparatif pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri se-Kecamatan Bekasi Selatan ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Safira Luthfiannisa.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perencanaan karir siswa berdasarkan tiga kelas sosial yaitu: kelas atas, kelas menengah dan kelas bawah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 225 siswa, yaitu siswa kelas atas sebanyak 75 siswa, kelas menegah 75 siswa dan kelas bawah sebanyak 75 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non-Probability Sampling jenis Quota Sampling. Instrumen penelitian dianalisis berdasarkan 3 jenjang kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan teknik uji Kruskal Wallis dalam SPSS 20 diperoleh hasil bahwa nilai Assymp. Sig. sebesar 0.002. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan perencanaan karir siswa berdasarkan kelas sosial atau H1 diterima. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan informasi untuk berbagai pihak, khususnya guru BK dalam memberikan layanan bimbingan karir dalam bentuk preventif dan kuratif sesuai dengan tugas perkembangan karir siswa dan dapat mempertimbangkan kelas sosial sebagai bagian dari faktor perencanaan karir dan kecenderungan arah pilihan karir siswa. This study aims to determine differences in students' career planning based on the three social classes, that is upper class, middle class and lower class. The method used in this study is a comparative study with a quantitative approach. Samples were students of class IX, which amounts to 225 students, that is high class students as many as 75 students, middle class and lower class of 75 students as many as 75 students. The sampling using Non-Probability Sampling with Sampling Quota type. The research instruments analyzed based on three levels of categories: high, medium, and low. The results of hypothesis testing using Kruskal Wallis techniques test in SPSS 20 obtained the result that the value Assymp. Sig. is 0002. Thus it can be concluded that there are differences in the career planning of students by social class or H1 is acceptable. The results could be informative material to various stakeholders especially guidance and counseling teachers in providing career guidance services optimally according to the student's career development tasks and can consider the socio-economic status as part of career planning factors and trends toward student's career choice.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi. 2). Dra. Retty Filliani.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 Apr 2022 13:30
Last Modified: 20 Apr 2022 13:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27287

Actions (login required)

View Item View Item