SARAS SINTYA DEWI, . (2017) PENINGKATAN SIKAP KEMANDIRIAN DALAM PEMBELAJARAN PPKN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV SDN KEMIRI MUKA 1 KOTA DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (0B) |
|
Text
2. ABSTRACT.pdf Download (88kB) |
|
Text
1. ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text
5. LEMBAR MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf Download (106kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (104kB) |
|
Text
10. DAFTAR GRAFIK.pdf Download (85kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (90kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (87kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB IV .pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (113kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (223kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (540kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (390kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (98kB) |
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kemandirian pada pembelajaran PPKn dengan pendekatan saintifik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kemiri Muka 1 Kota Depok yang berjumlah 35 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahapan perencanaaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa lembar pengamatan, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap kemandirian siswa dapat meningkat melalui pembelajaran PPKn dengan pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase sikap kemandirian siswa pada siklus I sebesar 65,71% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,57%. Adapun hasil pemantau tindakan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran PPKn dengan pendekatan saintifik pada siklus I sebesar 77,5% dan 72,5% kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 92,5% dan 90%. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran PPKn dapat meningkatkan sikap kemandirian siswa kelas IV SDN Kemiri Muka 1 Kota Depok. This research on classroom action aims to improve the attitude of self-reliance in learning PPKn with scientific approach. Subjects of this research were fourth grade students of SDN Kemiri Muka 1 Depok City, amounting to 35 students. This classroom action research is conducted by using models from Kemmis and Mc. Taggart that consisting stages of planning, execution, observation and reflection. Data collecting procedure of this research is in the form of observation sheets, questionnaires, and documentation. The results of this study indicates that self-reliance attitude of students can be improved by learning PPKn with scientific approach. Based on the research result, the percentage of self-reliance attitude of students in cycle I is 65,71% and in cycle II has increased to 88,57%. The result of monitoring action activity of teacher and student in learning PPKn with scientific approach in cycle I equal to 77,5% and 72,5% then in cycle II has increased to 92,5% and 90%. The implication of this research result is that scientific approach in the process of learning PPKn can improve self-reliance attitude on fourth grade students of SDN Kemiri Muka 1 Depok.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sofia Hartati, M.Si. 2). Dr. Anan Sutisna, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 00:43 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 00:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27290 |
Actions (login required)
View Item |