PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) MATERI SUMBER DAYA ALAM UNTUK KELAS IV SD

SARASWATI, . (2016) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) MATERI SUMBER DAYA ALAM UNTUK KELAS IV SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV.pdf

Download (705kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (442kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (900kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul IPA berbasis pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pokok bahasan sumber daya alam untuk kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model prosedural Borg and Gall yang melibatkan sembilan langkah penelitian yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) merevisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan, (7) merevisi hasil uji coba, (8) uji pelaksanaan lapangan, dan (9) penyempurnaan produk akhir. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Responden penelitian ini adalah lima penilai yang terdiri dari tiga ahli materi yang terdiri dari satu dosen ahli materi dan dua guru kelas IV, ahli bahasa satu orang dosen, ahli media satu orang dosen, 11 peserta didik kelas IV SDN Johar Baru 23 Pagi Jakarta Pusat yang terbagi dua tahap yaitu uji lapangan awal tiga orang dan delapan orang uji coba lapangan, dan 32 peserta didik kelas IV SDN Johar Baru 21 Pagi Jakarta Pusat. Hasil penelitian: (1) Modul IPA Berbasis Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Materi Sumber Daya Alam untuk kelas IV SD, (2) kualitas modul yang dikembangkan menurut para ahli memiliki kualitas Sangat Baik hal itu terlihat dari nilai rata-rata 90%, (3) kualitas modul tahap uji coba lapangan awal dikatakan Baik, (4) uji coba Lapangan menghasilkan 91% memiliki kualitas sangat baik, dan (5) uji coba pelaksanaan lapangan menghasilkan 92% memiliki kualitas sangat baik. Kesimpulan dari seluruh uji coba dalam penelitian menunjukan bahwa hasil penilaian pengembangan modul IPA Berbasis Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Materi Sumber Daya Alam mencapai kriteria sangat baik. This Research and Development aims to produce Natural Sciences Module Based on Science Technology Society (STS) Approach of Natural Resources Subject for Elementary School 4TH Grade. The Method used is Research and Development (R&D) with Borg and Gall development models. There are 9 step that should be taken are, (1) research and information, (2) planning, (3) develop preliminary form product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, (7) operational product revision, (8) operational field testing, and (9) final product revision. Data was analyzed using descriptive quantitative statistic. The respondents in this research include five expert review with three material expert such us one lecture and two fourth grade teachers, one linguist expert lecture, one media expert lecture, 11 students fourth grade from SDN Johar Baru 23 Pagi, and 32 students fourth grade from SDN Johar Baru 21 Pagi Central Jakarta. Assessment result: (1) Natural Science Module Based on science Technology Society (STS) Approach Subject Natural Resources for Elementary School 4TH grade, (2) quality of module has been developed according to expert review has a very good that showed of the average score 90%, (3) quality preliminary field testing step has result is good, (4) main field testing step has result 91% with very good quality, (5) operational field testing step has result 92% with very good quality. The conclusion for every step has passed in this study showed that the product of Natural Sciences Module Based on Science Technology Society (STS) Approach of Natural Resources Subject.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A.R. Supriatna, M.Pd. 2). Dr. M.S. Sumantri, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 00:48
Last Modified: 21 Apr 2022 00:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27292

Actions (login required)

View Item View Item