MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA BARANG BEKAS PAKAI (Penelitian Tindakan Kelas di BKB PAUD Cempaka Sari Jakarta Timur)

SARI ROHYANI, . (2017) MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA BARANG BEKAS PAKAI (Penelitian Tindakan Kelas di BKB PAUD Cempaka Sari Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Sari Rohyani 1615137408.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak usia 4-5 tahun di BKB PAUD Cempaka Sari melalui media barang bekas pakai kardus. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan ( observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di BKB PAUD Cempaka Sari sebanyak 10 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik non tes yaitu melalui teknik observasi berupa catatan lapangan, lembar pemantau tindakan, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi. Analisis prosentase data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pendapat kesepakatan antara peneliti dan kolaborator yang menyatakan bahwa hasil akhir dari ketercapaian tindakan sebesar 70%. Analisi pada siklus I terdapat peningkatan motorik halus sebesar 18,55% menjadi 64,78%. Rata-rata prosentase keseluruhan mengalami peningkatan, namun belum mencapai prosentase yang telah disepakati. Dengan demikian penelitian dilanjutkan pada siklus II. Analisis prosentase data pada akhir siklus mengalami peningkatan kembali sebesar 20,84%% menjadi 85,62% berdasarkan prosentase ketercapaian hasil dari penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima dan penelitian dihentikan. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan melalui media barang bekas pakai kardus dapat meningkatkan motorik halus anak usia 4-5 tahun. This classroom action research aims to improved fine motor skills of children aged 4-5 years in BKB PAUD Cempaka Sari with the unused thing like a cardboard use the action class method which is done as much as 2 siklus. Every siklus composed as planning (planning), action (action), observation (observing) and reflection (reflecting). Subjects of research is children aged 4- 5 years in BKB PAUD Cempaka Sari many as 10 people. Collected data using non-test technique is through observation techniques such as field notes, sheet monitoring of action, interview notes and documentation notes. Precentage analisis based on deal beetwen researcher and collaborator who stated the result of ction achieved is 70%. First analysis there’s rise up the fine motor skills from 18,55% to 64,78%. The percentage is rise up but has not achieved the result. So the research go to second siklus. Percentage of the second analysis rise up 20,84% to 85,62%. Based on achievement percentage of this research can be stated is accepted and the research is stoped. It can be concluded the activity with in use thing can rise up the fine motor skills sensor for children 4-5 years old.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yenina Akmal M,HUM. 2). Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 00:54
Last Modified: 21 Apr 2022 00:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27295

Actions (login required)

View Item View Item