PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Studi Quasi Eksperimen: Siswa Kelas VII SMP Negeri 128 Jakarta)

SITI ALAWIYAH, . (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Studi Quasi Eksperimen: Siswa Kelas VII SMP Negeri 128 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran permainan monopoli terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 128 Jakarta, Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 128 Jakarta semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-8 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII-2 sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan teknik pengumpulan data melalui pretest dan posttest. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis statistik kuantitatif yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelas kontrol (kelas eksperimen 83,58 dan kelas kontrol 77,75). Dari perhitungan menggunakan uji-t diperoleh data thitung > ttabel yaitu 2,88 > 1,67. Kesimpulannya ada pengaruh media pembelajaran permainan monopoli terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 128 Jakarta dapat dikatakan baik. Hal ini dapat terlihat bahwa dalam media pembelajaran permainan monopoli secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar, ini dapat terlihat dari banyak siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM dan aktif dalam proses pembelajaran setelah diberikan perlakuan (menggunakan media pembelajaran permainan monopoli). This study aims to determine the influence of learning media game monopoly On the learning outcomes in Social Studies Class VII at SMP Negeri 128 Jakarta, Lesson 2016/2017. The population in this research is all students of class VII of SMP Negeri 128 Jakarta even semester of academic year 2016/2017. The sample in this research is class VII-8 as 36 students as experiment class and Class VII-2 as 36 students as control class. The research method used is quasi experimental method with data collection technique through pretest and posttest. The sampling technique was conducted using purposive sampling technique. Quantitative statistical analysis techniques consisting of normality test, homogeneity test, and hypothesis test. The results showed that the experimental class learning outcomes were higher than control class learning outcomes (83.58 experimental classes and 77.75 control classes). From the calculation using t-test, the data obtained t count> ttable is 2.88> 1.67. In conclusion there is the influence of learning media monopoly game on the learning outcomes in social studies subjects in SMP Negeri 128 Jakarta can be said either. It can be seen that in monopoly game learning media can significantly improve learning outcomes, it can be seen from many students who get value above KKM and active in learning process after given treatment (using monopoly game learning media

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Desy Safitri, M.Si 2) Martini, S.H, M.H
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 00:55
Last Modified: 21 Apr 2022 00:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27296

Actions (login required)

View Item View Item