FENOMENA INTERAKSI SOSIAL PELARI MARATON (Studi Deskriptif: Pelari Perempuan Usia 35-50 Tahun Pada Komunitas Lari Fashion Runners)

SITI MARIA ULPAH, . (2017) FENOMENA INTERAKSI SOSIAL PELARI MARATON (Studi Deskriptif: Pelari Perempuan Usia 35-50 Tahun Pada Komunitas Lari Fashion Runners). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Siti Maria Ulpah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang fenomena interaksi sosial pelari maraton, pelari perempuan usia 35-50 tahun pada komunitas lari Fashion Runners. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Cara utama dalam memperoleh data dengan menggunakan angket (kuesioner) berupa pernyataan tertutup, semi terbuka, dan terbuka. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota perempuan komunitas lari Fashion Runners. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kaum perempuan memilih lari maraton pada komunitas Fashion Runners karena keinginan mereka sendiri dengan melihat komunitas Fashion Runners yang unik sehingga mereka tertarik bergabung serta melihat lari maraton sebagai suatu tantangan yang harus diselesaikan. Selain itu, komunitas ini juga memiliki ikatan kekeluargaan yang erat dengan saling mengunjungi ketika ada yang terkena musibah dan juga sering menghabiskan waktu bersama di dalam maupun di luar lapangan. 2) Interaksi sosial yang terjalin antar sesama anggota komunitas Fashion Runners sangat baik, hal ini terlihat ketika ada anggota lain yang mulai malas untuk berlatih, maka anggota lainnya mengingatkan untuk berlatih kembali. Selain itu, komunitas ini juga turut bergabung dalam acara yang diselenggarakan oleh komunitas lainnya, mereka saling membagikan informasi atau pengalaman lain di media sosial. This study aims to describe the phenomenon of social interaction marathon runners, female runners aged 35-50 years in the running community Fashion Runners. The research method used in this research is descriptive. The main way of obtaining data by using questionnaires (questionnaires) is a closed statement, semi open, and open. The population in this study is a member of the women's community run Fashion Runners. Sampling using purposive sample technique as many as 20 people. The results show that: 1) Women choose marathon runs in the Fashion Runners community because of their own desire by looking at the unique Fashion Runners community so they are interested in joining and seeing the marathon as a challenge to be solved. In addition, the community also has close family ties to visit each other when there is a disaster and also often spend time together on and off the field. 2) The social interaction that exists between members of the Fashion Runners community is very good, it is seen when there are other members who start lazy to practice, then the other members remind to re-train. In addition, this community also joined in the event organized by other communities, they share information or other experiences on social media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Desy Safitri, M.Si 2) Nova Scorviana H., MA
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:09
Last Modified: 21 Apr 2022 01:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27301

Actions (login required)

View Item View Item