DAMPAK INDUSTRIALISASI TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT PEDESAAN (Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Perubahan Sosial yang Terjadi Di Desa Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor)

SITI MASTOAH, . (2017) DAMPAK INDUSTRIALISASI TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT PEDESAAN (Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Perubahan Sosial yang Terjadi Di Desa Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Siti Mastoah (4915131397).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang dampak industrialisasi terhadap perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat desa Sentul, kecamatan Babakan Madang, kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Cara utama dalam memperoleh data dengan menggunakan angket (kuesioner) angket terbuka. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat pedesaan tepatnya di RW 05 desa Sentul kecamatan Babakan Madang kabupaten Bogor. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional sampel sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak industrialisasi terhadap perubahan sosial masyarakat desa Sentul kecamatan Babakan Madang kabupaten Bogor yaitu lunturnya nilai solidaritas sosial masyarakat, berubahnya pola perilaku, berkurangnya lembaga sosial dan meningkatnya lapisan sosial, serta berubahnya struktur sosial yang meningkatkan perekonomian. Selain itu timbulnya mobilitas sosial horizontal pada masyarakat desa Sentul, kecamatan Babakan Madang, kabupaten Bogor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Budiaman M.Si 2) Martini, SH, MH
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:15
Last Modified: 21 Apr 2022 01:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27302

Actions (login required)

View Item View Item