PENGARUH PENGGUNAAN ENSIKLOPEDIA ENCARTA TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 70 JAKARTA

SITI RABIATUL ADAWIYAH, . (2017) PENGARUH PENGGUNAAN ENSIKLOPEDIA ENCARTA TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 70 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Siti Rabiatul Adawiyah 4415122348.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh penggunaan Ensiklopedia Encarta terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 70 Jakarta sejak bulan September sampai November 2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target penelitian yakni seluruh siswa SMA Negeri 70 Jakarta, yang terdiri dari 30 kelas, dengan jumlah siswa 1.008 orang. Populasi terjangkau penelitian, yakni siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 70 Jakarta yang berjumlah 107 siswa yang terdiri dari tiga kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil dari populasi terjangkau dengan menggunakan teknik random sampling, yakni kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda sebanyak 60 soal dan diuji kepada 30 siswa. Melalui uji validitas dengan rumus “r Product Moment” hasilnya menunjukkan 41 soal valid dan 19 soal tidak digunakan sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Spearman Brown di peroleh dengan demikian instrumen tersebut dapat digunakan. Uji persyaratan analisis dilakukan melalui uji normalitas dan uji coba homogenitas. Pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors, pada kelas eksperimen diperoleh ) maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh ) maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Bartlett dan diperoleh maka Hₒ : μ₁ ≥ μ₂ atau varians homogen. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t menghasilkan pada taraf kepercayaan 95% , maka Hₒ ditolak dan H₁ diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Ensiklopedia Encarta terhadap hasil belajar sejarah di SMA Negeri 70 Jakarta. This study aims to obtain empirical data on the effect of using Encarta Encyclopedia on learning outcomes history. The study was conducted in SMA Negeri 70 Jakarta from September to November 2016. The research approach used is quantitative experimental method. The population of the research targets all students of SMA Negeri 70 Jakarta, which consists of 30 classes, the number of students 1,008 people. Affordable population studies, the students of class XI IIS SMA Negeri 70 Jakarta totaling 107 students consisting of three classes. The research sample consisted of two classes drawn from the population affordable by using random sampling techniques, the class XI IIS 1 as an experimental class and class XI IIS 2 as the control class. The instrument used in this study a total of 60 multiple choice questions about and tested to 30 students. Through test the validity of the formula "r Product Moment" results show 41 valid questions and 19 questions are not used while the reliability test with Spearman Brown formula was obtained thus the instrument can be used. Test requirements analysis is done through a pilot test for normality and homogeneity. Testing for normality using Liliefors test, the experimental class obtained ), the normal distribution of data distribution and the control class obtained ), the normal distribution of data distribution. Homogeneity test using Bartlett test and obtained then Hₒ : μ₁ ≥ μ₂ or homogeneous variance. Hypothesis testing using t test formula produces at level of 95% , then Hₒ rejected and H₁ accepted. It can be concluded that there are significant Encarta Encyclopedia use the learning outcomes in the history of SMA Negeri 70 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Djunaidi, M. Hum 2) M. Hasmi Yanuardi., S.S, M. Hum
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:26
Last Modified: 21 Apr 2022 01:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27306

Actions (login required)

View Item View Item