PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP SIKAP DISIPLIN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn (Studi Eksperimen di Kelas IV SD Kelurahan Cengkareng Timur Jakarta Barat)

SEPTIAN DICKY PRATAMA, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP SIKAP DISIPLIN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn (Studi Eksperimen di Kelas IV SD Kelurahan Cengkareng Timur Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
6. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (113kB)
[img] Text
1. COVER 1.pdf

Download (198kB)
[img] Text
7. Kata Pengantar.pdf

Download (264kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (203kB)
[img] Text
5. Motto.pdf

Download (179kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (244kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (386kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (231kB)
[img] Text
17. Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (209kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (494kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (620kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf

Download (580kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (436kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sikap disiplin siswa dengan “model pembelajaran Value Clarification Technique” dan “model pembelajaran Problem Based Learning”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri di Kelurahan Cengkareng Timur, Jakarta Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Berdasarkan teknik tersebut, maka kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C sebagai kelas kontrol dan setiap kelas memiliki 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, yaitu pretest dan posttest. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu digunakan uji normalitas dan homogenitas Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan sikap disiplin kelas IV A dan IV C. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh thitung = 4,788 dan ttabel = 2,001. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sikap disiplin dengan model pembelajaran Value Clarification Technique lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd. 2). Drs. AR. Supriatna, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:35
Last Modified: 21 Apr 2022 01:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27312

Actions (login required)

View Item View Item