SEPTIAN DICKY PRATAMA, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP SIKAP DISIPLIN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn (Studi Eksperimen di Kelas IV SD Kelurahan Cengkareng Timur Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
6. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (113kB) |
|
Text
1. COVER 1.pdf Download (198kB) |
|
Text
7. Kata Pengantar.pdf Download (264kB) |
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (203kB) |
|
Text
5. Motto.pdf Download (179kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf Download (244kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (167kB) |
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (386kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (269kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (231kB) |
|
Text
17. Daftar Riwayat Hidup.pdf Download (209kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (494kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (620kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Download (580kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Download (258kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (436kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sikap disiplin siswa dengan “model pembelajaran Value Clarification Technique” dan “model pembelajaran Problem Based Learning”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri di Kelurahan Cengkareng Timur, Jakarta Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Berdasarkan teknik tersebut, maka kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C sebagai kelas kontrol dan setiap kelas memiliki 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, yaitu pretest dan posttest. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu digunakan uji normalitas dan homogenitas Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan sikap disiplin kelas IV A dan IV C. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh thitung = 4,788 dan ttabel = 2,001. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sikap disiplin dengan model pembelajaran Value Clarification Technique lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd. 2). Drs. AR. Supriatna, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 01:35 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 01:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27312 |
Actions (login required)
View Item |