UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TAJWID MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DOMINO TAJWID (Penelitian Tindakan Kelas X IPA 1 SMA Negeri 31 Jakarta)

SITI ROFIAH, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TAJWID MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DOMINO TAJWID (Penelitian Tindakan Kelas X IPA 1 SMA Negeri 31 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI _SITI ROFIAH _4715131268.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif tajwid pada siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 31 Jakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan pemahaman siswa dalam Mata Pelajaran PAI dalam aspek Al-Quran dan tajwid, dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru dalam penyampaian materi tajwid masih konvensional dan belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif sehingga membuat peserta didik kurang antusias terhadap mata pelajaran PAI khususnya dalam aspek Al-Quran dan tajwid. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 31 Jakarta yang terletak di Jl. Kayumanis Timur, Matraman, Jakarta Timur. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMAN 31 Jakarta tahun pelajaran 2016/2017. Dimulai bulan Maret sampai Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penggunaan media pembelajaran ini sesuai dengan teori Hamalik yang mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa setiap siklus. Siklus I (54,19), siklus II (71,61) dan siklus III (83,87). Serta peningkatan hasil belajar rata-rata pre test (78,19) dengan rata-rata post test (84,51). Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran kartu domino tajwid mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran tajwid. Selain itu media pembelajaran domino tajwid juga mampu meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran tajwid. The aim of this research is to increasing tajwid cognitive study result to students of class X IPA 1 SMA Negeri 31 Jakarta. The background of this research because the study result was low and the comprehension student in Islam religion education subject in Al- Quran and tajwid aspect, it was because the learning method is used by teacher in delivered tajwid material is still conventional and it had not use innovative learning media that it can cause students was less enthusiastic to Islam religion education subject especially in Al- Quran and tajwid aspect. This research was done in SMA Negeri 31 Jakarta that places in Jl. Kayumanis Timur, Matraman, Jakarta Timur. Subject of this research were students of X IPA 1 SMAN 31 Jakarta years 2016/2017. The research started on March to Mei 2017. Research method is used classroom action research were three cycles. Every cycle were four phase, there were: planning, action, observation and reflection. The data got test result, interview, observation and documentation. Using learning media is appropriate with Hamalik theory. He assumed that using learning media in teaching learning process can membangkitkan keinginan and new interested, increasing motivation and stimulated learning process, and bring psychology effects to students. The research result is showed that the average student score is increase in every cycle. Cycle I ( 54,19), cycle II (71,61), and cycle III (83,87). And also increased average study result of pre-test (78,19) with average post-test (84,51). This showed that tajwid domino card could increase cognitive study student result in tajwid learning. In otherwise, tajwid domino card could increase student motivation in tajwid learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Andy Hadiyanto, MA, 2) Khairil Ikhsan Siregar, MA
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:43
Last Modified: 21 Apr 2022 01:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27316

Actions (login required)

View Item View Item