UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI TEKNIK MENULIS TERBIMBING (GUIDED WRITING) PADA SISWA KELAS III SDN MALAKA JAYA 09 PAGI JAKARTA TIMUR

SETYO PURNOMO, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI TEKNIK MENULIS TERBIMBING (GUIDED WRITING) PADA SISWA KELAS III SDN MALAKA JAYA 09 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II Skripsweet SUP.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB I Skripsweet SUP.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB III Skripsweet SUP.pdf

Download (431kB)
[img] Text
A PENGANTAR.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB IV Skripsweet SUP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN Skripsweet 2.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB V Skripsweet SUP.pdf

Download (210kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji apakah teknik menulis terbimbing (Guided Writing) pada siswa kelas III di SDN Malaka Jaya 09 Pagi Durensawit, Jakarta Timur dapat diterapkan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada keterampilan menulis narasi. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Malaka Jaya 09, Jakarta Timur sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 12 orang siswa dan 12 orang siswi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Model tindakan yang digunakan adalah Stephen Kemmis dan McTaggart. Adapun tahapan Penelitian Tindakan Kelas ialah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teknik Menulis Terbimbing (Guided Writing) dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Pada siklus I sebanyak 16 siswa mendapat nilai ≥70 dengan ketuntasan belajar 66,66%. Pada siklus II sejumlah 20 siswa memperoleh nilai ≥70 dengan ketuntasan belajar 83,33%. Aktivitas guru dalam pembelajaran siklus I mencapai 80% sementara aktivitas siswa mencapai 73,33%. Pada siklus II telah terjadi peningkatan yang baik dari aktivitas guru sebesar 93,33% dan aktivitas siswa sebesar 83,33%. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis narasi siswa dapat meningkat melalui Teknik Menulis Terbimbing (Guided Writing). The purpose of classroom action research (CAR) is to analyze whether the techniques of Guided Writing at the third-grade students at SDN 09 Malaka Jaya Duren Sawit, East Jakarta can be applied and can improve student learning outcomes in narrative writing skills. Sample in this research is the third grade students of SDN 09 Malaka Jaya, East Jakarta as many as 24 students consisting of 12 male students and 12 female students. Data collection techniques in this study of tests, observations, field notes, and documentation. Technique data analysis is descriptive qualitative and quantitative. Action model used is Stephen Kemmis and McTaggart. The stages of a Class Action Research is planning, action, observation, and reflection. The results showed that the Guided Writing Techniques can improve students writing skills narrative. In the first cycle of 16 students scored mastery learning ≥70 with 66.66%. In the second cycle a number of 20 students gain mastery learning value ≥70 with 83.33%. Activities teacher in the first cycle to 80% while the student activity reached 73.33%. In the second cycle there has been a good improvement of the teacher's activities amounted to 93.33% and amounted to 83.33% of student activity. Therefore, it can be concluded that the narrative writing skills of students can be increased through Guided Writing Techniques.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. 2). Prof.Dr. Zulela MS, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:46
Last Modified: 21 Apr 2022 01:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27317

Actions (login required)

View Item View Item