MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT KARYA SENI CLAY MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUALPADA SISWA KELAS IV SDN BEJI TIMUR 1 DEPOK

SHINDY NURJANNAH, . (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT KARYA SENI CLAY MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUALPADA SISWA KELAS IV SDN BEJI TIMUR 1 DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN - Copy.pdf

Download (5MB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (32kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (5MB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (122kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (164kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (464kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (504kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (95kB)
[img] Text
17. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20. SURAT KETERANGAN VALIDASI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
19. SURAT PERMOHONAN PENELITIAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
18. SURAT IZIN PENELITIAN DI SEKOLAH.pdf

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membuat karya seni clay melalui pendekatan kontekstual di kelas IV SDN Beji Timur 1 Depok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Beji Timur 1 Depok yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan model yang dikemukakan oleh Kemmis & Taggart. Tahapan penelitian pada model ini adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan penilaian hasil karya. Analisis data dilakukan dengan merefleksikan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus. Pada sisklus I, siswa yang mendapat skor kategori sangat baik mencapai 66,67%, sedangkan pada siklus II mencapai 86,67%. Aktivitas guru pada pembelajaran siklus I sebesar 77,78% sementara aktivitas siswa sebesar 75%. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu aktivitas guru sebesar 91,67% dan aktivitas siswa sebesar 88,89%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa melalui pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan dapat meningkatkan keterampilan membuat karya seni clay siswa. This research aims to improve the skill of making clay art through contextual approach in class IV SDN Beji Timur 1 Depok. The subject of this research is the fourth grader of SDN Beji Timur 1 Depok which amounts to 30 students. The method used is a classroom action research method, with a model put forward by Kemmis & Taggart. The research stages in this model are planning, action, observation, and reflection. The data collection is done by appraisal of the work. Data analysis is done by reflecting the activities that have been done in each cycle. In the first cycle, students who scored very good category reached 66.67%, while in the second cycle reached 86.67%. Teacher activity in learning cycle I was 77,78% while student activity equal to 75%. On the second cycle there is an increase of teacher activity by 91.67% and student activity of 88.89%. The results show that through a contextual approach in Cultural Arts and Skills learning can improve the skill of making clay artwork students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Kawuryan, M.Pd. 2). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:55
Last Modified: 21 Apr 2022 02:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27328

Actions (login required)

View Item View Item