INTERAKSI SOSIAL ANAK-ANAK HOMESCHOOLING DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Studi Kasus: Homeschooling Kak Seto Komunitas tingkat SMP, Parigi Lama, Pondok Aren, Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan )

SUCI RAMADHANIYATI, . (2017) INTERAKSI SOSIAL ANAK-ANAK HOMESCHOOLING DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Studi Kasus: Homeschooling Kak Seto Komunitas tingkat SMP, Parigi Lama, Pondok Aren, Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Suci Ramadhaniyati (4915133404).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses, bentuk-bentuk dan tujuan interaksi sosial yang terjadi dalam lingkup sekolah rumah atau homeschooling yang dilakukan oleh anak-anak Homeschooling Kak Seto komunitas tingkat SMP. Penelitian ini dilakukan di Homeschooling Kak Seto, Parigi Lama, Pondok Aren, Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan. Metodologi yang digunakan ialah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Anak-anak Homeschooling Kak Seto komunitas tingkat SMP telah melakukan interaksi sosial menyesuaikan dengan lingkungan. Proses interaksi sosial yang terjadi melalui komunikasi dan kontak sosial yang didasarkan pada faktor simpati dan keinginan untuk lebih akrab dengan tutor, teman dan lingkungan. Tujuannya yaitu untuk mencapai pembelajaran yang menyenangkan serta merasa nyaman berada di lingkungan HSKS. bentuk-bentuk dari interaksi yang sering dilakukan yaitu kerja sama kelompok untuk mencapai kekompakan dan terjalinnya kekerabatan yang baik. This Research Aims To Know The Process And The Purpose Of The Forms Of Social Interaction That Occurs In The Scope Of The School House Or Home Schooling Is Done By The Sons Of Home Schooling Kak Seto Community Junior Secondary School Level. This Research Done In Home Schooling Kak Seto, Parigi Long, Booths Sugar, Bintaro The Sector 9, Tangerang South. The Methodology Used Is Qualitative Research. Data Collection Technique That Is Used Observations, Interview, Bibliographical Studies And Documentation. Technical Analysis Of The Data That Is Used Data Reduction, Presentation Of Data And The Withdrawal Of The Conclusion. The Results Of This Study Concluded That The Sons Of Home Schooling Kak Seto Community Junior Secondary School Level Have Been Doing Social Interaction Adjust With The Environment. The Process Of Social Interactions That Occur Through Communication And Social Contact That Is Based On The Sympathy Factor And The Desire To Be More Familiar With The Tutor, Friends And The Environment. The Aim Is To Reach The Learning Enjoyable And Feel Comfortable In The Environment HSKS. Forms Of Interaction That Is Often Done Namely Group Cooperation To Achieve Teamwork And The Establishment Of A Good Family Tree.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Budiaman, M.Si 2) Dr. Haris Fatgehipon, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:03
Last Modified: 21 Apr 2022 03:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27332

Actions (login required)

View Item View Item