PELAKSANAAN METODE MATERNAL REFLEKTIF DALAM PENGEMBANGAN BAHASA AWAL SISWA TUNARUNGU DI PAUD SANTI RAMA (Studi Deskriptif di Kelas Persiapan 1A PAUD Santi Rama)

SHINTA DEWI, . (2017) PELAKSANAAN METODE MATERNAL REFLEKTIF DALAM PENGEMBANGAN BAHASA AWAL SISWA TUNARUNGU DI PAUD SANTI RAMA (Studi Deskriptif di Kelas Persiapan 1A PAUD Santi Rama). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SHINTA DEWI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ARTIKEL SHINTA DEWI.pdf

Download (454kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pelaksanaan Metode Maternal Reflektif dalam pengembangan bahasa awal siswa tunarungu kelas persiapan 1A PAUD Santi Rama. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Analisis data yang digunakan menggunakan model Milles dan Huberman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap-tahap pelaksanaan metode maternal reflektif untuk mengembangkan bahasa awal siswa di kelas persiapan 1A dimulai dari perdati dan berlanjut ke percami. Perdati adalah percakapan dimana isi percakapan tersebut berasal dari siswa itu sendiri secara spontan. Ungkapan tersebut kemudian ditangkap dan diperangandakan oleh guru, dipercakapkan secara spontan kemudian divisualisasikan. Kegiatan selanjutnya disebut percami. Rangkaian kegiatan percami terdiri dari beberapa kegiatan besar yaitu membaca terbimbing, membaca, mengidentifikasi tulisan dan merefleksikan satu gejala bahasa yang dikemas dalam percakapan. Media yang digunakan antara lain benda asli yang dibawa anak, kartu bergambar dan bertulisan aksara tegak bersambung, tulisan aksara tegak bersambung, miniatur, dan mainan. Faktor pendukung dalam pelaksanaan ini adalah adanya keterarahwajahan pada siswa, sikap siswa yang memperhatikan guru dalam mengajar, guru yang kompeten, dan guru yang mampu menguasai pelaksanaan MMR. Faktor penghambat yaitu jumlah siswa yang terlalu banyak, siswa yang sukar fokus dan diarahkan, tidak adanya keterarahwajahan, dan faktor guru yang kurang menguasai MMR. Saran terhadap hasil penelitian ini adalah diharapkan untuk mempertahankan, meningkatkan dan mengaplikasikan pelaksanaan MMR. This qualitative descriptive research that aimed to find out the description of the implementation about Maternal Reflective Method in the development of early language by deaf students in preparatory class of IA, PAUD Santi Rama. Data analysis of this research use Milles and Huberman. Data collection techniques using interviews, observation, and document review. The result showed that the steps of implementation of MMR to develop early language of students begins from perdati then continue percami. Perdati is conversation which contained from student it self spontaneously. The phrases are captured then modelled by teacher, make conversation as spontaneously then visualised on board. Next activity is percami. The series of percami activity included of several main activities such as guided of reading, identify of writing and make refflection one indication of languange package in conversation. In stage of PAUD were not aktivities linguistic’s but the rules of language can be used. The media that used are original which brought by students, picture card with inscribed script, serralized serials, miniature, and toys. Supporting factors are the existence of students who mastering the implementation of MMR inhibiting factors are number of students who are toomany, student who can’t focus on direction, there is existence, and teacher who can’t mastering the implementation of MMR. The implication of this reserach is deaf’s student can develop their early languange by series of MMR activity. Because of that, deaf students can socialize, read, know the language and develop language for present and to prepare for future. Suggestion for this result is for to defend, increase, and can be application the MMR.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Totok Bintoro, M.Pd. 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:59
Last Modified: 21 Apr 2022 02:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27333

Actions (login required)

View Item View Item