MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA TENTANG PERISTIWA YANG DIALAMI ATAU DILIHAT MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PROGRAM MICROSOFT POWERPOINT SISWA KELAS III SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Menteng Atas 01 Pagi Jakarta Selatan)

SHINTIA DEWI LATIFAH, . (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA TENTANG PERISTIWA YANG DIALAMI ATAU DILIHAT MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PROGRAM MICROSOFT POWERPOINT SISWA KELAS III SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Menteng Atas 01 Pagi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_SHINTIA DEWI LATIFAH_1815130351.pdf

Download (39MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara peristiwa yang dialami atau dilihat melalui penggunaan multimedia microsot powerpoint siswa kelas III SDN Menteng Atas 01 Pagi Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei 2017 dengan subjek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multi-media Microsoft powerpoint dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Menteng Atas 01 Pagi Jakarta Selatan. Peningkatan keterampilan berbicara peristiwa yang dialami atau dilihat terjadi karena: (1) siswa antusias dalam mengamati gambar peristiwa yang dialami atau dilihat yang disajikan oleh guru dalam bentuk multimedia microsoft powerpoint, (2) lebih aktif dalam bertanya dan memberikan pendapat. Peningkatan keterampilan berbicara ditunjukkan dengan meningkat-nya presentase siswa kelas III yang mencapai KKM (70) pada setiap siklus. Pada prasiklus siswa yang mendapat nilai ≥70 berjumlah 6 siswa atau 20% dari 30 siswa, pada siklus I menjadi 10 siswa atau 33,3% dan pada siklus II menjadi 80% atau 24 siswa. Peningkatan juga terjadi pada kualitas aktivitas guru dan siswa. Pada siklus 1 kualitas aktivitas guru mencapai 62,3% dan aktivitas siswa mencapai 54,3%. Pada siklus II kualitas aktivitas guru meningkat menjadi 82% dan aktivitas siswa menjadi 81%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan multimedia microsoft powerpoint berhasil meningkatkan keterampilan berbicara peristiwa yang dialami atau dilihat siswa kelas III SDN Menteng Atas 01 Pagi Jakarta Selatan. This classroom action research aims to improve the speaking skill of the event exprienced or seen through the use of multimedia microsoft powerpoint grade III SDN Menteng Atas o1 Pagi South Jakarta. This research was conducted in April-May 2017 with the subject of third grade student research which amounted to 30 students. The research method used is Classroom Action Research with cycle model from Kemmis and Taggart which consists of planning, action, observation and reflection. This study was conducted in two cycles. The results showed that the use of Microsoft Powerpoint multimedia can improve the speaking skills of third grade students of SDN Menteng Atas 01 Pagi South Jakarta. Increased speaking skills of the events experienced or seen occur because: (1) students are enthusiastic in observing images of events experienced or viewed presented by the teacher in the form of multimedia microsoft powerpoint, (2) more active in asking and giving opinions. Improved speaking skill is shown by the increase of the percentage of third grade students who reach KKM (70) in each cycle. In prasiklus students who score ≥70 amounted to 6 students or 20% of 30 students, in the first cycle to 10 students or 33.3% and in the second cycle to 80% or 24 students. Improvement also occurs on the quality of teacher and student activity. In cycle 1 the quality of teacher activity reached 62.3% and student activity reached 54.3%. In cycle II the quality of teacher activity increased to 82% and student activity became 81%. The results of this study indicate that the use of multimedia microsoft powerpoint managed to improve the speaking skills of events experienced or seen third grade students SDN Menteng Atas 01 Pagi South Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd. 2). Drs. Sri Kawuryan, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:02
Last Modified: 21 Apr 2022 03:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27334

Actions (login required)

View Item View Item