PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 30 JAKARTA

NUR INDAH LESTARI, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 30 JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Indah_Bab 0 [Cover dll].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
Indah_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
Indah_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
Indah_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
Indah_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text
Indah_BAB V 98-100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
Indah_DAFTAR PUSTAKA new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
Indah_RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PERBAIKAN TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
PERSETUJUAN YUDISIUM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar sejarah peserta didik di SMA Negeri 30 Jakarta. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen desain treatment by level 2x2. Instrumen yang digunakan untuk hasil belajar sejarah adalah tes pilihan ganda dan untuk kemampuan berpikir kreatif adalah kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar sejarah peserta didik yang mengikuti model pembelajaran sinektik lebih tinggi dari peserta didik yang mengikuti model pembelajaran koperatif tipe grup investigasi (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif, (3) hasil belajar sejarah peserta didik yang mengikuti model pembelajaran sinektik dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih tinggi dari peserta didik yang mengikuti model pembelajaran koperatif tipe grup investigasi dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi, (4) hasil belajar sejarah peserta didik yang mengikuti model pembelajaran sinektik dengan kemampuan berpikir kreatif rendah hasilnya lebih rendah dari peserta didik yang mengikuti model pembelajaran koperatif tipe grup investigasi dengan kemampuan berpikir kreatif rendah

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Tuti Nuriah Erwin, M. Pd ; 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: FIS > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: hartati tati
Date Deposited: 13 Jan 2020 11:10
Last Modified: 13 Jan 2020 11:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2734

Actions (login required)

View Item View Item