PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 12 Jakarta)

SYIFA KHAIRUNNISA, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Penelitian di Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 12 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SYIFA KHAIRUNNISA_IAI_FIS_UNJ.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran permainan monopoli pada mata pelajaran PAI dalam materi perjuangan dakwah Rasulullah saw di Madinah untuk kelas X MIPA 2 di SMA Negeri 12 Jakarta dan untuk mengetahui tanggapan siswa kelas X MIPA 2 di SMA Negeri 12 Jakarta setelah menggunakan media pembelajaran permainan monopoli pada mata pelajaran PAI. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) berupa media pembelajaran permainan monopoli. Model yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran ini adalah model Borg and Gall dengan langkah-langkah yang dibatasi dalam analisis kebutuhan, pengembangan produk (perencanaan dan pembuatan produk awal), validasi dan uji coba, serta produk akhir. Media pembelajaran yang dikembangkan, divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Dari validasi ahli materi diperoleh rata-rata 4.88, dari validasi ahli media diperoleh rata-rata 4.05, yang berarti media pembelajaran permainan monopoli yang dikembangkan dikategorikan sangat baik dan layak digunakan. Produk media pembelajaran ini diujicobakan kepada siswa kelas X MIPA 2 di SMAN 12 Jakarta dan mendapat persentase skor pada uji coba perorangan sebesar 80%, pada uji coba kelompok kecil sebesar 77.5%, pada uji coba lapangan sebesar 88%. Sehingga rata-rata skor pada uji coba siswa secara keseluruhan sebesar 82% yang berarti produk dikategorikan sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran permainan monopoli pada mata pelajaran PAI dalam materi perjuangan dakwah Rasulullah saw di Madinah yang dikembangkan di kelas X MIPA 2 SMAN 12 Jakarta adalah layak digunakan. This study aims to develop monopoly game learning media on PAI lesson in the chapter Rasulullah’s propogation struggle in Madinah for grade X Students MIPA 2 at SMAN 12 Jakarta and to know the responses of grade X students MIPA 2 at SMAN 12 Jakarta after using monopoly game learning media on PAI lesson. This research type is research and development (R & D) in the form of monopoly game learning media. The model used in developing this learning media is the Borg and Gall model with steps that are limited in requirements analysis, product development (planning and making the initial product), validation and trials, and final product. The developed learning media was validated by material experts and media experts. The validation of material experts obtained an average of 4.88, The validation of media experts obtained an average of 4.05, it means that the developed monopoly game learning media was categorized excellent and feasible to use. This learning media product was tested to grade X Students MIPA 2 at SMAN 12 Jakarta and got a percentage score on one to one trying out of 80%, on small group tryout of 77.5%, on field tryout of 88%. So the average final score from all students test is 82%, it means that categorized of product was excellent. The results of this research that the monopoly game learning media on PAI lesson in the chapter Rasulullah’s propogation struggle in Madinah for grade X Students MIPA 2 at SMAN 12 Jakarta is feasible to use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ahmad Hakam, M.A, 2) Dr. Amaliyah, M.Pd,
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:37
Last Modified: 21 Apr 2022 03:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27346

Actions (login required)

View Item View Item