UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI MELALUI KEGIATANMEMASAK ASIK (FUN COOKING) PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian tindakan Kelas, di TK Assalam, Joglo, Jakarta Barat)

NISYA NIRMALA DIAZ, . (2018) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI MELALUI KEGIATANMEMASAK ASIK (FUN COOKING) PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian tindakan Kelas, di TK Assalam, Joglo, Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (58kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (352kB)
[img] Text
03. Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (302kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] Text
09. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
10. BAB II KAJIAN TEORITIK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
11. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text
12. BAB IV DESKRIPSI, ANALISIS DATA, INTERPRETASI HASIL, DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri anak usia 4-5 tahun di TK Assalam, Joglo, Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas. Subjek penelitian sebanyak 7 anak kelompok A yang masih berusia 4-5 tahun. Pengumpulan data yang dilakukan adalah catatan lapangan, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi. Hasil perhitungan kuantitatif didapatkan hasil pada pra-intervensi mencapai persentase 37,5%, sedangkan pada siklus I meningkat sampai 58,7%, dan puncaknya pada siklus II peningkatan persentase sebesar 79,9%. Berdasarkan hasil tersebut, maka penelitian sudah mencapai target yaitu peningkatan sebesar 71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan memasak asik (fun cooking) dapat meningkatkan pemahaman konsep geometri anak usia 4-5 tahun di TK Assalam, dan peningkatan tersebut dinyatakan signifikan. Implikasi dalam penelitian ini adalah diketahui bahwa penerapan kegiatan memasak asik (fun cooking) di sekolah dapat digunakan oleh guru dan pihak sekolah sebagai alternatif pembelajaran untuk meingkatkan pemahaman konsep geometri anak. Hal ini dikarenakan pada pelaksanaannya, kegiatan memasak asik (fun cooking) mampu memberikan pengalaman baru dan berharga pada anak, rasa ingin tahu dan perhatian anakpun dapat tersalurkan, sehingga anak dapat terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangannya. Kegiatan memasak asik (fun cooking) pada akhirnya dapat memberikan hasil yang baik pada pemahaman konsep geometri anak, diantaranya pemahaman bentuk geometri. Pemberian kegiatan memasak asik (fun cooking) disertai dengan materi yang beragam serta adanya variasi kegiatan membuat anak ingin kembali mendapatkan pengalaman langsung dalam kegiatan memasak asik (fun cooking). Semakin banyak pengalaman yang diberikan pada anak dalam kegiatan memasak asik (fun cooking),maka pemahaman konsep geometri anak semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Yenina Akmal, M.Hum 2) Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Jan 2020 11:04
Last Modified: 13 Jan 2020 11:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2735

Actions (login required)

View Item View Item