A. KANZI MUHAMMAD, . (2017) PENGARUH PENURUNAN TEKANAN POMPA BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR 125 cc MENGGUNAKAN TEKANAN POMPA BAHAN BAKAR PNEUMATIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI A. Kanzi Muhammad.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari nilai kecepatan putaran mesin yang tepat dan besarnya pengaruh tekanan pompa bahan bakar, antara tekanan pompa bahan bakar standar dengan tekanan pompa bahan bakar yang diturunkan. Mengetahui tekanan pompa bahan bakar yang sesuai, untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar yang optimal serta melihat efek emisi gas buang yang ditimbulkan akibat adanya modifikasi penurunan tekanan pompa bahan bakar. Metode Percobaan (Eksperiment Research) yang digunakan dalam penelitian ini, dilakukan dengan cara memvariasikan tekanan bahan bakar standar (2.94 bar) dan tekanan bahan bakar diturunkan 2.5 bar, bukaan throtlle mulai dari kelipatan 5o sampai dengan 50o dengan menggunakan sepeda motor Honda Vario PGM-FI 125cc, sehingga akan terlihat pengaruh dari daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar sepeda motor tersebut, melalui pengamatan menggunakan dynotest dinamometer. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan hasil analisa data, penurunan tekanan pompa bahan bakar dari tekanan standar (2,94 bar) menjadi 2,5 bar mengakibatkan penurunan nilai torsi, daya, konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang. Persentase torsi maksimal antara kedua tekanan pompa bahan bakar adalah 1.7%, sedangkan persentase daya maksimalnya adalah 1.68% dengan kecepatan putaran mesin yang sama. Konsumsi bahan bakar yang didapatkan pada tekanan pompa bahan bakar 2,5 bar lebih baik ketika mencapai akselerasi sedangkan di putaran bawah mesin, konsumsi bahan bakar lebih banyak dibandingkan dengan tekanan standar (2,94 bar). Turunnya tekanan pompa bahan bakar yang diuji berpengaruh pada hasil emisi gas buang yang menunjukkan turunnya kadar CO, HC, CO2, serta meningkatnya kadar O2. The purpose of this study was to find the exact engine speed value and the influence of the fuel pump pressure between the standard fuel pump pressure and the reduced fuel pump pressure. Knowing the appropriate fuel pump pressure, to get optimum fuel consumption and to see the effect of exhaust emissions caused by the modification of pressure drop of fuel pump. Methods in this research is Experiment Research Method. The research is done by varying standard fuel pressure (2.94 bar) and fuel pressure lowered 2.5 bar, throtlle opening starting from multiples of 5o to 50o using Honda Vario PGM- FI 125cc, so it will be seen the influence of power, torque, and fuel consumption of the motorcycle, through observations using the dynotest at dynamometer. Based on research and data analysis, the reduction of fuel pressure from standard pressure (2.94 bar) to 2.5 bar resulted in decreased torque, power, fuel consumption and exhaust emissions. The maximum torque percentage between the two fuel pump pressures is 1.7%, while the maximum power percentage is 1.68% with the same engine speed of rotation. Fuel consumption obtained at 2.5 bar fuel pressure is better when achieving acceleration while at lower engine speed, fuel consumption is higher than standard pressure (2.94 bar). Pressure down from the fuel pump tested affects exhaust emissions which indicates a decrease in CO, HC, CO2, and increased O2 levels.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Pratomo Setyadi, ST., MT 2) Ragil Sukarno, S.T, M.T |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 03:46 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 03:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27350 |
Actions (login required)
View Item |