SITI HAJAR AFIFAH, . (2016) PENGGUNAAN MEDIA PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM) UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME (Single Subject Research di Kelas I Sekolah Khusus Pelita Nusantara, Kota Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
skripsi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media PECS (Picture Exchange Communication System) untuk menstimulasi kemampuan komunikasi pada peserta didik dengan Autisme . Penelitian dilaksanakan di Sekolah Khusus Pelita Nusantara, Kota Tangerang. Subjek penelitian adalah anak kelas I SDLB pada tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah satu orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Single Subject Research (penelitian subjek tunggal) menggunakan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis visual dalam kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Media PECS (Picture Exchange Communication System) memberikan pengaruh positif dalam menstimulasi kemampuan komunikasi mengungkapkan keinginan pada peserta didik dengan autisme kelas I Sekolah Khusus Pelita Nusantara Kota Tangerang, sehingga dapat diterapkan untuk menstimulasi kemampuan komunikasi mengungkapkan keinginan pada peserta didik dengan autisme agar dapat mendukung proses komunikasi dan interaksi sosial dengan lingkungannya dan peserta didik dengan autisme dapat tumbuh kembang secara optimal dalam kehidupannya. Disimpulkan bahwa Media PECS (Picture Exchange Communication System) dapat dijadikan salah satu teknik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi mengungkapkan keinginan. The research aims To know the use of PECS (Picture Exchange Communication System) for stimulate the ability to communicate on student with autism. The research held on Sekolah Khusus Pelita Nusantara, Tangerang City. The Subject in this research it’s a student of class one Elementary School on Sekolah Khusus Pelita Nusantara Tangerang city year of study 2015/2016. Methods used in this research is a single subject research using A-B-A. Data collection is done by observation and documentation which then analyzed with visual in condition analysis. The result showed that PECS (Picture Exchange Communication System) giving a positive influence in the ability of communication stimulate expressing desire on student with autism class one, so it can be adopted to stimulate the ability to communicate on student with autism and help the process of communication and social interaction between student and the society, also student with autism could grow optimal in his/her life . It can be conclude that PECS (Picture Exchange Communication System) can be one of the techniques in increasing the ability of communication stimulate expressing desire on student with autism.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Lalan Erlani, M.Ed. 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 03:47 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 03:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27351 |
Actions (login required)
View Item |