PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS PROYEK KELAS XI DI SMA NEGERI 48 JAKARTA

TAMARA LISA PUSPITASARI HARSONO, . (2017) PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS PROYEK KELAS XI DI SMA NEGERI 48 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Pembelajaran Berbasis Proyek Kelas XI di SMA Negeri 48 Jakarta.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret sampai November 2016. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif etnografi. Data-data yang diperoleh berupa hasil pengamatan di kelas, hasil wawancara, serta dokumen terkait dengan pembelajaran. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan inti. Informan kunci yaitu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. Informan Inti adalah guru bidang studi mata pelajaran sejarah dan siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 48 Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran berbasis proyek sudah diterapkan dalam pembelajaran sejarah Indonesia kelas XI. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran sejarah berbasis proyek yang diterapkan guru berupa tugas essai. Proses pembelajaran sejarah berbasis proyek yang diterapkan guru masih ada ketidaksesuaian dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) khususnya di bagian alokasi waktu serta kegiatan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran sejarah berbasis proyek banyak kendala yang dialami guru dan siswa. Kendala yang dialami oleh guru adalah minat baca siswa yang rendah. Sedangkan kendala yang dialami oleh siswa adalah kesulitan dalam menentukan topik, sumber buku yang akan digunakan, biaya untuk ke Perpustakaan, tersedianya buku yang berbahasa Inggris, dan waktu yang kurang panjang. Selain kendala terdapat manfaatnya antara lain mendapat siswa mendapat pengetahuan yang lebih mendalam, menarik minat baca siswa, dan memberikan pengalaman baru dalam pembelajaran yang dilakukan oleh siswa This research was aimed to describe the application of project-based learning model in History. This research already did on March until November 2016. This research used qualitative ethnographic methods. The data obtained from classroom observations, interviews, and documents related to the learning. The data source that used in this research were the key informant and the main informants. The key informant is Vice Principal of Curriculum. The main informants are teachers of History and students of class XI in SMA Negeri 48, Jakarta. The result of this research, project-based learning model has been applied in the teaching of History in class XI. The result of this research, History teacher applied project-based learning model with essay task. Project-based learning in teaching of History process who applied by teacher still incompatibility with the lesson plan, especially in the allocation of time and learning activities. In the process of project based learning in teaching of History, there are many obstacles experienced by teacher and students. The obstacle faced by teachers was less of students reading interest. Meanwhile, the obstacles experienced by students were the difficulty in determining the topic, source books to be used, the cost to the Library, the availability of books in English, and short time. In addition, the main obstacle gets benefits include student gets deeper knowledge, attract students reading interest, and giving new experiences in learning that has been done by students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Ratu Husmiati, M. Hum, 2) Dr. Umasih, M. Hum,
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:49
Last Modified: 21 Apr 2022 03:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27352

Actions (login required)

View Item View Item