ARENA KONTESTASI REKRUTMEN SELEKSI TERBUKA DAN MANAJEMEN KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN Studi Kasus : Kepala Sekolah Hasil Lelang Jabatan di SMA Negeri 35 Jakarta

TESSA KHAIRIAH SETIATI, . (2017) ARENA KONTESTASI REKRUTMEN SELEKSI TERBUKA DAN MANAJEMEN KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN Studi Kasus : Kepala Sekolah Hasil Lelang Jabatan di SMA Negeri 35 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Tessa Khiariah Setiati.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus di SMAN 35 Jakarta. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Informan kunci adalah kepala sekolah SMAN 35 Jakarta, karena kepala sekolah adalah aktor utama yang mengendalikan sekolah dan menjadi figur sentral di sekolah. Informan tambahannya adalah supervisi pendidikan, 2 wakil kepala sekolah, 4 guru, 3 peserta didik, kepala sekolah SMAN 20 Jakarta, kepala sekolah SMAN 10. Total informan dalam penelitian ini sebanyak 13 orang. Penulis menggunakan teori Pierre Bourdie tentang habitus, modal, ranah, praktik sosial dan konsep tentang kepemimpinan dan standar kualifikasi dan kompetensi menjadi kepala sekolah. Teori dan konsep ini digunakan untuk menganalisis kepemimpinan sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan. Hasil penelitian ini adalah rekrutmen seleksi terbuka ini berbasis kualifikasi dan kompetensi dan terjadi kontestasi dalam kebijakan seleksi terbuka, kepala sekolah hasil seleksi terbuka memiliki modal kultural (modal budaya) kepala sekolah untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan. Rekrutmen seleksi terbuka ini memiliki dukungan dan hambatan yang menjadi kontroversial di berbagai kalangan. This study uses qualitative approach and case study in SMAN 35 Jakarta. Data collection techniques are observation, in-depth interview, documentation, and literature study. The key informant is the Principal of SMAN 35 Jakarta, because the principal is the main actor who controls the school and becomes the central figure in the school. Additional informants were school supervisors, 2 vice principals, 4 teachers, 3 students, principal of SMAN 20 Jakarta, principal of SMAN 10, Total informants in this study as many as 13 people. The author uses Pierre Bourdie's theory of habitus, capital, domains, social practices and concepts of leadership and qualification standards and competence to become principal. These theories and concepts are used to analyze a leadership as an effort to improve the quality of education. The result of this study is the recruitment of open selection is based on qualification and competence and there is contestation in the open selection policy, the principal result of open selection has cultural capital (cultural capital) of the principal to improve the quality of education. This open selection recruitment has the support and obstacles that become controversial in various circles.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Eman Surachman, MM, 2) Achmad Siswanto, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:56
Last Modified: 21 Apr 2022 03:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27358

Actions (login required)

View Item View Item