PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI DISCOVERY LEARNING (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat)

SITI MULHAMAH, . (2017) PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI DISCOVERY LEARNING (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BISMILLAH BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BISMILLAH BAB V.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Bismillah BAB II.pdf

Download (291kB)
[img] Text
Bismillah BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Bismillah BAB III.pdf

Download (211kB)
[img] Text
COVER .pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (30kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (139kB)
[img]
Preview
Image
IMG_20170302_105500.jpg

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG_20170302_105518.jpg

Download (2MB) | Preview
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
LAMPIRAN Catatan Lapangan.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA melalui strategi discovery learning kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat yang berjumlah 38 siswa, terdiri dari 22 siswa perempuan dan 16 siswa lakilaki. Penelitian tindakan ini dilakukan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Peneltitian tindakan kelas ini melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Pada siklus I, hasil data kuesioner sikap ilmiah siswa dengan persentase 73,68%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 89,74%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan strategi discovery learning dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui tingkat sikap ilmiah siswanya sehingga dapat merancang proses pembelajaran IPA guna meningkatkan sikap ilmiah siswa. Class Action Research aims to improve the scientific attitude of students of class V SDN Cempaka Putih Barat 03 Central Jakarta. This study was to obtain empirical data on the scientific attitude in learning science through discovery learning strategies class V SDN Cempaka Putih Barat 03 Central Jakarta. This research subject is class V SDN Cempaka Putih Barat 03 Central Jakarta totaling 38 students, consisting of 22 female students and 16 male students. This action research was conducted using a model Kemmis and Mc. Taggart. This action Research through the stages of planning, implementation, observation, and reflection. The study was conducted as a class action II cycles, with each cycle consisting of three meetings. In the first cycle, the results of questionnaire data scientific attitude of students with percentage 73.68%, while in the second cycle increased to 89.74%. These results suggest that learning is done with discovery learning strategies can improve scientific attitude fifth grade students of SDN Cempaka Putih Barat 03 Central Jakarta. Therefore, teachers need to know the level of scientific attitude so that the students can design a science learning process in order to improve the scientific attitude of students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si. 2). Dr. Fahrurrozi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 04:02
Last Modified: 21 Apr 2022 04:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27361

Actions (login required)

View Item View Item