PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MENGGUNAKAN BAHASA DAERAH TERNATE (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Inpres Sango Kecamatan Kota Ternate Utara Provinsi Maluku Utara)

NURLI MUBIN, . (2016) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MENGGUNAKAN BAHASA DAERAH TERNATE (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Inpres Sango Kecamatan Kota Ternate Utara Provinsi Maluku Utara). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTARK.pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAB I ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
BAB II ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
BAB III ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
BAB IV ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
BAB V ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
BAB VI ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
RIWAYAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam pembelajaran bahasa di SD Negeri Inpres SangoKota Ternate Utara yang meliputi: 1)Bentuk aktivitas penerapan CTL dalam pembelajaran bahasa menggunakan bahasa daerahternate siswa kelas 1 SD Negeri Inpres Sango Kota Ternate Utara. 2)Bagaimana proses penerapan CTL dalam pembelajaran bahasa pada siswa kelas 1 SD Negeri Inpres Sango Kota Ternate Utara,dan 3) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran bahasa pada siswa kelas 1 SD Negeri Inpres Sango Kota Ternate Utara. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Inpres Sango yang berada di Jl. Batu Angus, Desa Sango , Kecamatan Kota Ternate Utara, Provinsi Maluku Utara.Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Inpres Sango yang berada di Jl. Batu Angus, Desa Sango , Kecamatan Kota Ternate Utara, Provinsi Maluku Utara.Penelitian dilaksanakan selama satu semester atau kurang lebih enam bulan, yaitu antara bulan Januari sampai dengan Juni 2015 Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan berperan serta, wawancara mendalam dan mengumpulkan berbagai dokumen terkait dengan pembelajaran bahasa dengan menggunakan bahasa daerah ternate Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CTL dalam pembelajaran bahasa menggunakan bahsa daerah ternate pada siswa kelas 1 SD Negeri Inpres Sango Kota Ternate Utara belum berjalan sesuai dengan kaidah , baik pada bentuk aktivitas, maupun pada proses penerapannya. Guru masih kesulitan dalam penerapan CTL dalam pembelajaran bahasa. Faktor-faktor yang turut mempengaruhi penerapan pembelajaran bahasa adalah 1) penggunaan penenerapan, 2) situasi belajar, dan 3) karakteristik siswa. Ketiga faktor tersebut dapat menjadi pendukung dan dapat pula menjadi penghambat, tergantung pada bagaimana guru memanfaatkannya. Penelitian ini merekomendasikan bahwa untuk melakukan penerapan CTL dalam kegiatan pembelajaran, seorang guru harus memahami komponen penerapan kontekstual. Agar kegiatan pembelajaran lebih bermakna guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang konprehensif tentang hal tersebut. Upaya untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman guru dapat dilakukan dengan kegiatan antara lain: 1) seminar, 2) lokakarya (workshop), 3) bimbingan teknis, dan 4) kegiatan pendampingan implementasi CTL.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Soegeng Santoso, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Ma’ruf Akbar. M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 13 Jan 2020 11:29
Last Modified: 13 Jan 2020 11:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2737

Actions (login required)

View Item View Item