PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP BODY IMAGE SISWA (Quasi Experimen pada Siswa Kelas XI di MAN 3 Jakarta)

SITI NURJANAH, . (2017) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP BODY IMAGE SISWA (Quasi Experimen pada Siswa Kelas XI di MAN 3 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Siti Nurjanah 1715121292.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian Quasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap body image siswa kelas XI di MAN 3 Jakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 3 Jakarta sebanyak 9 siswa pada kelompok treatment dan 9 siswa pada kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Purposive. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Quasi experimental Design dan bentuk desain nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner MBSRQ dan dianalisis menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil analisis menunjukkan nilai sig.= 0.018 pada kelompok treatment yang berarti nilai probabilitas lebih kecil dari nilai signifikansi α = 0.05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis dapat diartikan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan body image siswa kelas XI di MAN 3 Jakarta. Siswa yang telah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan topik body image dapat lebih percaya diri dan memandang diri lebih baik sebagai hasil diskusi dan feedback atau tanggapan dari anggota kelompok saat dilaksanakannya kegiatan bimbingan kelompok. This experimental research aimed to determine the effect of group guidance on body image to students of class XI in MAN 3 Jakarta. The sample in this study was 9 students of class XI MAN 3 Jakarta both in the treatment group and the control group. The sampling technique used in this research was purposive sampling. The method used was experimental research with the Quasi-experimental design and nonequivalent Design Control Group Design. Data collection tool used was MBSRQ questionnaire and analyzed data used the Wilcoxon Sign Rank Test. The analysis showed sig. =0.018 in the treatment group which means that the probability was smaller than the significance value α= 0.05, thus it can be concluded that the H0 and H1 were accepted. The results of the analysis can be interpreted that the group guidance effects the improvement of body image class XI student in MAN 3 Jakarta. Students who have attended group guidance service to the topic of body image can be more confident and sees itself better as a result of discussion and feedback or response from members of the group when the implementation of the activities of group guidance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Happy Karlina Marjo, M.Pd., Kons. 2). Dra. Michiko Mamesah, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 05:25
Last Modified: 21 Apr 2022 05:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27370

Actions (login required)

View Item View Item