PERAN MAJELIS DZIKIR DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SMA NEGERI 15 JAKARTA

UMAR HAMZAH, . (2017) PERAN MAJELIS DZIKIR DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SMA NEGERI 15 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Umar Hamzah_4715131264.pdf

Download (1MB)

Abstract

Akhlak tercela merupakan salah satu masalah besar yang dialami siswa SMAN 15. Salah satu cara mencegah dan menanganinya yaitu dengan pembinaan akhlak. Pembinaan akhlak didapat melalui berbagai cara, diantaranya pelajaran non formal dan formal, salah satunya majelis dzikir. Dengan materi dan metode majelis dzikir diharapkan terjadinya pembinaan akhlak siswa SMAN 15 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi secara empiris dan komprehensif mengenai peran majelis dzikir dalam pembinaan akhlak siswa SMAN 15 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi kepada siswa SMAN 15 Jakarta dan pimpinan majelis dzikir SMAN 15. Hasil penelitian didapatkan bahwa majelis dzikir SMAN 15 berperan secara optimal dalam pembinaan akhlak siswa SMAN 15 Jakarta. Adapun peran tersebut antara lain yaitu sebagai pendidik yang mendidik siswa SMAN 15 Jakarta dengan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan akhlak, sebagai pembimbing yang membimbing pribadi siswa SMAN 15 Jakarta menjadi lebih baik dalam akhlak kepada Allah dan akhlak kepada sesama manusia dan sebagai suri teladan bagi siswa lainnya. Peneliti membuktikan, peran majelis dzikir ini memberi pengaruh dalam pembinaan akhlak siswa SMAN 15 Jakarta. Adapun pengaruh tersebut antara lain yaitu menjadikan siswa SMAN 15 Jakarta menjadi lebih baik akhlaknya, baik akhlak terhadap Allah (seperti berdzikir, sholat 5 waktu, ridho atas semua ketetapan Allah dan berbaik sangka setiap ketentuan Allah, dll), akhlak terhadap sesama manusia (seperti cinta kepada Rasul dan memuliakannya, menjaga dirinya dengan cara memelihara kesucian lahir dan batin di antaranya mengenakan pakaian yang sopan bagi siswa dan menutup aurat bagi siswi, berbakti kepada kedua orang tua, bergaul dangan ma’ruf, dll) maupun terhadap lingkungan (seperti menjaga agar setiap proses pertumbuhan terus berjalan sesuai dengan fungsi ciptaan-Nya dan tidak membuang sampah sembarangan). Moral disgrace is one of the big problems experienced by students SMAN 15. One way to prevent and handle it is by coaching morals. Coaching is obtained through various ways, including non formal and formal lessons, one of them dzikir assembly. With the material and method of dzikir assembly is expected to be the morality of students of SMAN 15 Jakarta. This study aims to determine the empirical and comprehensive information about the role of the assembly of dhikr in moral guidance students SMAN 15 Jakarta. This research uses descriptive method with qualitative approach. Data collection techniques used were interviews and observations to students of SMAN 15 Jakarta and the leadership of the dhikr assembly SMAN 15. The results obtained that the assembly of dzikir SMAN 15 plays an optimal role in moral coaching students SMAN 15 Jakarta. The role is, among others, as an educator who educates students of SMAN 15 Jakarta with the sciences related to morals, as a mentor who guides the private students of SMAN 15 Jakarta to be better in morals to God and morals to fellow human beings and as role models for students Others. Researchers prove, the role of this dhikr assemblies give influence in the morality of students of SMAN 15 Jakarta. As for the influence, among others, is to make the students of SMAN 15 Jakarta become better morals, good morals towards Allah (like dhikr, pray 5 time, ridho over all provisions of God and be assumed every provision of God, etc.), morals towards fellow human beings (like love To the Prophet and to glorify him, to guard himself by preserving innate and inner purity including wearing a polite attire for students and covering aurat for girls, serving both parents, hanging out with ma'ruf, etc.) as well as on the environment (such as keeping each The growth process continues to run in accordance with the function of his creation and not littering).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Izzatul Mardhiah, MA 2) Rudi Barnansyah, M. Pd.I
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:09
Last Modified: 21 Apr 2022 06:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27393

Actions (login required)

View Item View Item