POLA ADAPTASI SISWA DI SEKOLAH AGAMA Studi Kasus: SMA Islam Al-Azhar 4 Kemang Pratama, Bekasi

UMAR REZA ABDILLAH, . (2017) POLA ADAPTASI SISWA DI SEKOLAH AGAMA Studi Kasus: SMA Islam Al-Azhar 4 Kemang Pratama, Bekasi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Umar Reza Abdillah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pola adaptasi aturan-aturan keislaman di SMA Islam Al-Azhar 4, yaitu melalui beberapa upaya atau metode pembelajaran di dalam kelas. Dengan metode tersebut nilai-nilai yang ditanamkan kemudian dapat diaplikasikan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari- hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Al-Azhar 4 Kemang Pratama, Bekasi. Pemilihan lokasi dilakukan dengan memperhitungkan bahwa SMA Islam Al-Azhar 4 Kemang Pratama, Bekasi merupakan sekolah yang berbasis keagamaan, sehingga sesuai dengan fokus penelitian. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2016 sampai dengan bulan Juni 2016 Temuan penelitian memperlihatkan adanya 4 tahapan adaptasi yang terjadi di SMA Islam Al-Azhar 4. Pertama, konformitas dalam proses penanaman aturan-aturan keislaman di SMA Islam Al-Azhar 4 menunjukkan bahwa siswa memiliki tingkat konformitas yang tinggi sehingga siswa lebih banyak mengikuti aturan dan norma yang berlaku di SMA Islam Al-Azhar 4. Kedua, bentuk adaptasi dari inovasi di SMA Islam Al-Azhar terlihat dari sikap beberapa peserta didik yang melaksanakan aturan- aturan di sekolah. Ketiga, ritualisme yang terlihat di SMA Islam Al-Azhar ini banyak dilakukan peserta didik dengan mengerjakan aturan-aturan sebatas menggugurkan kewajiban sehingga apa yang dikerjakan hanya sebatas menaati peraturan. Keempat, pada model adaptasi retreatism ini banyak dilakukan oleh peserta didik seperti, meninggalkan tadarus Al-Quran, shalat Jumat, ikrar atau berdoa dan Shalat Dzuhur berjamaah. Terakhir, dalam proses adaptasi ini di SMA Islam Al-Azhar 4 tidak pernah mengalami pemberontakan (rebellion) dari pihak manapun baik dari guru, siswa, orang tua, staf maupun dari pihak lainnya. This study aims to describe and analyze the adaptation pattern of Islamic rules in SMA Islam Al-Azhar 4, which is through some efforts or learning methods in classroom. With those methods, the values that implanted can be applied in daily life. This research use qualitative approach with method of case study. This research was conducted in SMA Islam Al-Azhar 4 KemangPratama, Bekasi. Selection of location by taking into that SMA Islam Al-Azhar 4 KemangPratama is a religious-based school, so that appropriate with the focus of research. Research was conducted on May 2016 until June 2016. The research findings show 5 adaptation stage that happen in SMA Islam Al-Azhar 4. First, conformity in the process of planting Islamic rules in SMA Islam Al-Azhar 4 shows that students have a high level of conformity, so that more students follow the rules and norms which apply in SMA Islam Al-Azhar 4. Second, the adaptation form of innovation in SMA Islam Al-Azhar seen from students attitude who implement school rules. Thirdly, the ritualism in SMA Islam Al-Azhar many conducted by students with doing rules to abort the obligation, so that what is done only limited to obey the rules. Fourth, the adaptation model of retreatism mostly done by students such as, leaving the tadarus of Al-Quran, Friday prayers, praying and Dzuhur Prayers assembly. Fifth, in this adaptation process in SMA Islam Al-Azhar 4 never experience rebellion from any side, either from teacher, student, parent, staff or from another side.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Abdi Rahmat M.Si, 2) Ahmad Tarmiji, M.Si s
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:13
Last Modified: 21 Apr 2022 06:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27396

Actions (login required)

View Item View Item