PENGARUH PERSEPSI LINGKUNGAN KERJA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PENGETAHUAN PEDAGOGIK (Studi Kausal pada Guru TK Di Kabupaten Semarang Tahun 2016)

SUGIANA, . (2016) PENGARUH PERSEPSI LINGKUNGAN KERJA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PENGETAHUAN PEDAGOGIK (Studi Kausal pada Guru TK Di Kabupaten Semarang Tahun 2016). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TESIS SUGIANA 7516140338 (PAUD 2014).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh persepsi lingkungan kerja dan kecerdasan emosional terhadap pengetahuan pedagogik guru TK di Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik stratafied multistage random sampling. Penelitian ini dilakukan pada 100 subjek penelitian, yang diukur dengan menggunakan tes dan kuesioner. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik kausal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) persepsi lingkungan kerja berpengaruh langsung positif terhadap kecerdasan emosional guru TK di Kabupaten Semarang. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi lingkungan kerja guru yang baik dapat berdampak pada peningkatan kecerdasan emosional guru yang positif, 2) persepsi lingkungan kerja berpengaruh langsung negatif terhadap pengetahuan pedagogik guru TK di Kabupaten Semarang. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi lingkungan kerja yang baik dapat berdampak pada menurunnya pengetahuan pedagogik guru, 3) kecerdasan emosional berpengaruh langsung positif terhadap pengetahuan pedagogik guru TK di Kabupaten Semarang. Hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional yang baik dapat berdampak pada tingginya pengetahuan pedagogik guru, dan 4) persepsi lingkungan kerja berpengaruh tidak langsung positif terhadap pengetahuan pedagogik melainkan melalui kecerdasan emosional guru TK di Kabupaten Semarang. Hal ini menjelaskan bahwa melalui kecerdasan emosional yang baik, persepsi guru mengenai lingkungan kerja dapat berdampak pada tingginya pengetahuan pedagogik guru.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yetti Supriyati, M. Pd ; 2). Dr. Sofia Hartati, M. Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 13 Jan 2020 11:45
Last Modified: 13 Jan 2020 11:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2741

Actions (login required)

View Item View Item