VELINDA DEA PUTRI, . (2017) IMPLEMENTASI MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER MANDIRI DI SMA NEGERI 72 JAKARTA UTARA Velinda Dea Putri. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
velinda dea skripsi pdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data dan informasi secara empiris untuk mengetahui implementasi atau penerapan mata pelajaran kewirausahaan di SMA Negeri 72 Jakarta. Kedua, kurikulum mata pelajaran kewirausahaan di SMA Negeri 72 Jakarta, faktor pendukung keberhasilan mata pelajaran kewirausahaan, pembentukan karakter mandiri siswa setelah mempelajari mata pelajaran kewiraushaan serta hambatan dalam penerapan mata pelajaran kewirausahaan di SMA Negeri 72 Jakarta. Penelitin ini meggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi pustaka. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 72 Jakarta, penelitian dilakukan sejak bulan Januari 2017 hingga April 2017. Informan dan subjek penelitian ini adalah aktor yang berperan dalam penerapan mata pelajaran kewirausahaan di sekolah antara lain 2 orang guru mata pelajaran kewirausahaan serta 4 orang peserta didik di kelas 10, 11, dan 12. Hasil penelitian menunjukan bahwa mata pelajaran kewirausahaan berhasil membangun karakter mandiri peserta didik dengan pembelajaran yang diterapkan di sekolah. Berdasarkan teori Struktural Fungsional pada Skema AGIL yang digunakan peneliti, dapat diketahuai bahwa adaptasi, tujuan, integrasi atau kestabilan dan latensi yang terdapat di sekolah mampu membangun kemandirian siswa sesuai dengan tujuan utama mata pelajaran kewirausahaan. Penerapan mata pelajaran kewirausahaan di sekolah mampu membantu siswa membangun karakter mandiri peserta didik dengan cara penyelesaian masalah seperti tugas-tugas yang diberikan secara mandiri, menciptakan kerajinan tangan yang bernilai guna dan bernilai ekonomi, serta menggunakan bahan baku yang sudah tidak terpakai yang dapat dijadikan benda yang berguna sesuai dengan kekreatifan peserta didik dan ide-ide pemikiran dari masing- masing peserta didik. Salah satu pendorong keberhasilan pembangun kerakter mandiri siswa yaitu dengan adanya organisasi kewirausahaan yang dibentuk oleh sekolah. Pemberian tanggung jawab dalam pengelolahan organisasi kewirausahaan dapat menciptakan pribadi peserta didik yang mandiri dan melaksanakan kewajibannya sesuai dengan aturan yang sudah ada. The purpose of this research was to obtain data and information to empirically figure out the implementation or application of entrepreneurial subjects in SMA Negeri 72 Jakarta. Second, the curiculum subjects of entrepreunership in SMA Negeri 72 Jakarta, factors supporting the success of entrepreneurial subjects, creation of characters standalone students after studying entrepreunership subjects as well as the obstacles in the implementation of the entrepreunership subjects in SMA Negeri 72 Jakarta This study used a qualitative approach to techniques of data collection is done with the interview, observation and study of the literature. Thus reserach was conducted at SMA Negeri 72 Jakarta. Reserach conducted in january 2017 until april 2017. Informant and the subject of reserach in the school between the other 2 subjects teachers of entreprenunership as well as 4 participants in grade 10,11,12. The research results showed that subject of entrepreunership managed to build standalone character learnes learing applied in school. Based on the Structural Functional Theory at the AGIL scheme employed reserachers, dapst in mind that Adaptation, Goal, Integration or Stability and Latency tha exists in all sxholls are able to develop the independence of stundents in accordane with the primary purpose of entrepreneurial subjects. Application of entrepreneurial subjects in school were abale to build self-reliance learnes by way of solving problems such as tugss-the giben task independentlu, creating crafts to value and economic value, as well as the use of raw materials tha are unused, which provided a useful object in accordance with creativity the student and thought-provoking ideas from each of the dirvers of the success of independent character development of students by the presence of entrepeneurial organization set up by the school. The giving of responsibility in managing the entrepeneurial organization can create private learners independently in accordance with existing rules
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Eman Surachman, MM 2) Umar Baihaqki, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 06:33 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 06:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27413 |
Actions (login required)
View Item |