JEHAN SHAHNAZ AZAHRA, . (2017) HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN COPING STRESS PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI FAKULTAS PENDIDIKAN PSIKOLOGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
FIX SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dengan setiap aspek coping stress pada mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive sampling. Jumlah sample yang diambil pada penelitian ini sebanyak 94 mahasiswa. Dalam proses pengolahan data digunakan skor murni yang berasal dari pemodelan Rasch. Alat ukur yang digunakan untuk stres akademik adalah Gadzella’s Student-Life Stress Inventory dan untuk alat ukur coping stress berdasarkan teori Lazarus dan Folkman. Metode pegolahan data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah analisis korelasi. Hubungan yang dihasilkan bersifat positif, artinya semakin tinggi stres akademik semakin tinggi pula coping stress mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Secara umum mahasiswa pada penelitian ini berada di kategori stres sedang (79,8%) dan dalam mengatasi stres yang dialami mahasiswa di Fakultas Pendidikan Psikologi menggunakan emotional focused coping lebih besar dibandingkan problem focused coping dengan nilai korelasi sebesar 0,628 dan problem focused coping sebesar 0,224 The objective of this study was to observe the relationship between academic stress and coping stress on Faculty of Educational Psychology, Universitas Negeri Jakarta students who were writing their thesis. The study was conducted using quantitative method with purposive sampling. 94 students were taken as samples. Pure score from Rasch model was used in data processing. Gadzella’s Student-Life Stress Inventory was used as academic stress measuring instrument while Lazarus and Folkman Theory was used for coping stress. Correlation analysis was used as data processing method for hypothesis testing. The relationship result was positive, the higher an increase in academic stress resulted in an increase in coping stress. Overall, students in this study were in the category of moderate stress (79.8%). Students of Faculty of Educational Psychology used emotional focused coping bigger than problem focused coping with a correlation value of 0,628 and problem focused coping 0,224.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Gantina Komalasari, M.Psi 2) Mira Ariyani, Ph.D |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 06:45 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 06:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27419 |
Actions (login required)
View Item |