PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA TUNARUNGU DI SLB NEGERI BEKASI JAYA

NUR ANISSA, . (2018) PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA TUNARUNGU DI SLB NEGERI BEKASI JAYA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca pemulaan di kelas II SLBN Bekasi Jaya. Hal ini berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari guru kelas II bagian tunarungu dan kepala sekolah SLBN Bekasi Jaya sebagai narasumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu triangulasi sumber dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan di kelas II SLBN Bekasi Jaya sudah berlangsung dengan baik. Guru membuat RPP sebelum pembelajaran dimulai, namun tidak membuat PPI karena tidak diwajibkan oleh pihak sekolah. Guru melakukan assesmen pada siswa sebelum membuat RPP. Pada pelaksanaan pembelajaran, guru menggunakan Metode Maternal Reflektif (MMR) yang digabungkan dengan metode pembelajaran lain seperti metode ceramah, demonstrasi sebagaimana metode ini digunakan dalam pembelajaran siswa tunarungu. Guru menggunakan bentuk performance membaca dan soal dalam evaluasi pembelajaran membaca. Evaluasi yang dilakukan, yaitu evaluasi harian, evaluasi tiap tema, uts, dan uas. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perkembangan bahasa siswa mempengaruhi kemampuan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Indina Tarjiah, M.Pd 2) M. Arief Taboer, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Jan 2020 11:40
Last Modified: 13 Jan 2020 11:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2742

Actions (login required)

View Item View Item