PEMBENTUKAN MODAL SOSIAL DALAM PEMBINAAN JARINGAN PT. MELIA SEHAT SEJAHTERA

VONNI LIDIA SAID, . (2017) PEMBENTUKAN MODAL SOSIAL DALAM PEMBINAAN JARINGAN PT. MELIA SEHAT SEJAHTERA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI VONNI LIDIA SAID 4815122456.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembentukan modal sosial kewirausahaan para member PT. Melia Sehat Sejahtera. Penelitian ini ingin menggali lebih dalam mengenai pola pengelolaan dan pemanfaatan modal sosial kelembagaan para member PT. Melia Sehat Sejahtera dalam menciptakan karakter kewirausahaan. Lebih khususnya penelitian juga ingin melihat implikasi praktis bangunan jaringan bisnis para member baik yang berkembang ataupun mereka yang gagal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, studi dokumentasi, dan wawancara kepada dua member aktif, serta dua member non-aktif, dan sebagai fasilitator, peneliti mewawancarai dua orang Leader National Senior di PT. Melia Sehat Sejahtera. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan data primer dan sekunder. Wawancara dilakukan secara terstruktur dan tidak terstruktur. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur, internet, dan studi pustaka lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini memiliki empat poin yaitu; pertama, bahwa seorang leader dan member dapat mengembangkan jaringan orang-orang terdekat yang ia kenal. Dengan pengembangan jaringan tersbeut, leader dan member mempunyai peluang untuk berhasil dan mendapatkan keuntungan (profit). Kedua, rasa kepercayaan dapat terbangun dengan adanya pergaulan yang akrab (keakraban). Pertama-tama keakraban dapat dibangun dengan menjalin komunikasi yang baik dan saling menjaga. Besar kecilnya pengaruh yang dihasilkan bergantung dari seberapa intensifkah komunikasi itu berlangsung. Seberapa dalam pembahasan yang dibicarakan dapat mengena kepada para pendengar. Inilah modal yang harus dimiliki mitra (baik leader dan member) dalam berkarir di PT. Melia Sehat Sejahtera. Ketiga, jaringan sosial dapat menjadi saluran dalam mengembangkan keterampilan dasar, terutama keterampilan dalam berinteraksi dengan orang lain, serta dapat memupuk jiwa berbisnis seorang member. Keempat, secara tidak langsung, orang yang terlibat dalam bisnis di PT. MSS mendapat pelajaran tersendiri tentang sikap mandiri dan kerja keras. Nilai-nilai dalam prosesnya yaitu; ada member yang melihat keberhasilan di Melia Sehat Sejahtera. Ada juga member yang menjadikan pengalaman sebagai nilai yang berharga untuk menjalankan bisnis Multi Level Marketing di Melia Sehat Sejahtera. This study aims to determine the pattern of social capital formation entrepreneurship the members of PT. Melia Sehat Sejahtera. This research would like to dig deeper about the pattern of management and utilization of institutional social capital of the members of PT. Melia Sehat Sejahtera in creating entrepreneurial character. More specifically research also wants to see the practical implications of building a business network of either developing members or those who fail. This research uses qualitative approach. The research data was obtained through observation, documentation study, and interview to two active members, as well as two non-active members, and as a facilitator, the researchers interviewed two Senior National Leaders at PT. Melia Sehat Sejahtera. In data collection, the author uses primary and secondary data. Interviews are structured and unstructured. While the secondary data obtained from the study of literature, internet, and other literature studies related to this research. The results of this study have four points, namely; First, that a leader and member can develop the network of the closest people he knows. With the development of the network tersbeut, leaders and members have the opportunity to succeed and gain profit (profit). Second, a sense of trust can be awakened in the presence of intimate association (familiarity). First of all familiarity can be built by establishing good communication and mutual care. The amount of influence generated depends on how intensive the communication takes place. How deep can the discussion be addressed to the audience. This is the capital that must be owned partners (both leaders and members) in a career at PT. Melia Sehat Sejahtera. Third, social networks can be a channel in developing basic skills, especially skills in interacting with others, and can foster the soul of a member's business. Fourthly, indirectly, the people involved in business in PT. MSS got its own lesson on self- reliance and hard work. Values in the process are; There are members who see success in Melia Sehat Sejahtera. There are also members who make the experience a valuable value for running a Multi Level Marketing business at Melia Sehat Sejahtera.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ubedillah Badrun, M.Si, 2) Dewi Sartika, M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:07
Last Modified: 21 Apr 2022 07:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27433

Actions (login required)

View Item View Item