KONTEN MATERI DALAM MATA PELAJARAN PKN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEDISPLINAN PADA SISWA KELAS VII (Studi Kualitatif di SMP Negeri 7 Kota Bekasi)

WIJDAN RIJKI AZHAR FADILLAH, . (2017) KONTEN MATERI DALAM MATA PELAJARAN PKN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEDISPLINAN PADA SISWA KELAS VII (Studi Kualitatif di SMP Negeri 7 Kota Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Wijdan Rijki Azhar Fadillah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kedisiplinan dalam mata pelajaran PKn di kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru PKn kelas VII, siswa kelas VII, serta kepala sekolah. Objek penelitian ini berupa penerapan nilai-nilai kedisiplinan dalam mata pelajaran PKn pada siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Bekasi. Pengumpulan data dianalisis dengan menggunakan reduksi data yaitu merupakan proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan data yang muncul di lapangan, display data yaitu di lakukan setelah memilih dan membuat ringkasan data untuk kemudian dilakukan pengolahan, dan penarikan kesimpulan yaitu setelah mengumpulkan data melalui pengamatan dan wawancara, kemudian data tersebut diolah dan hasilnya ditulis secara deskriptif, penulisan dituliskan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pengimplementasian nilai�nilai kedisiplinan guru menggunakan beberapa metode yang dapat merubah siswa untuk lebih disiplin, metode tersebut dikembangkan melalui penerapan suri tauladan dan perilaku yang baik kepada siswa, selain itu siswa juga diberikan penghargaan bagi yang mempunyai disiplin tinggi dan memberikan hukuman/ sanksi bagi yang melanggar peraturan. Berdasarkan pemaparan diatas, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai penerapan nilai-nilai kedisiplinan di sekolah tersebut dengan judul ―Konten Materi dalam Mata Pelajaran dalam Menanamkan Nilai-nilai Kedsiplinan pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 7 Kota Bekasi‖. This study aims to instill the values of discipline in the subjects of Civics in class VII. This research is a qualitative research with descriptive research type. The subjects of this study were VII grade VII teachers, grade VII students, and principals. The object of this research is the application of disciplinary values in Civics subjects in grade VII students in SMP Negeri 7 Bekasi. Data collection is analyzed by using data reduction that is the process of selection, focusing on the simplification of data appearing in the field, display data that is done after selecting and making data summaries to then be done processing, and withdrawal that is after collecting data through observation and interview, Then the data is processed and the results are written descriptively, writing is written. The results of this study indicate that in implementing teacher discipline values using several methods that can change students for more discipline, the method is developed through the application of role models and good behavior to students, in addition students are also given awards for those who have high discipline and give Penalties / sanctions for those who violate the rules. Based on the above explanation, the researcher is interested to conduct research on the application of disciplinary values in the school with the title "Content Matter in Subjects in Inculcating Values of Discipline in Student Class VII in SMP Negeri 7 Kota Bekasi".

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Hj. Etin Solihatin, M.Pd. 2) Irawaty, Ph.D.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:52
Last Modified: 21 Apr 2022 13:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27439

Actions (login required)

View Item View Item