JARINGAN SOSIAL PEDAGANG ETNIS MINANG (Studi Kasus: Pedagang Etnis Minang di Pasar Tanah Abang)

WILDA ALFIDA, . (2017) JARINGAN SOSIAL PEDAGANG ETNIS MINANG (Studi Kasus: Pedagang Etnis Minang di Pasar Tanah Abang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Wilda Alfida_4825131360.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Jaringan Sosial Pedagang Etnis Minang (studi kasus: pedagang etnis minang di pasar Tanah Abang). Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan jaringan sosial pedagang etnis Minang dalam memanfaatkan kapital sosial sehingga menjadi pendukung usaha yang terjadi pada pedagang etnis Minang di pasar Tanah Abang. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konteks migrasi, jaringan sosial ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun lokasi penelitian dilaksanakan di pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Penelitian dilakukan pada Desember 2016 - April 2017. Total informan dalam penelitian ini sebanyak 8 orang yang terdiri 3 pedagang etnis Minang pasar Tanah Abang, empat pegawai yang bekerja dengan informan utama dan satu infoman untuk triagulasi data. Data diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu penelitian studi kasus, berusaha memahami realitas sebagaimana adanya dalam kemurniannya dengan cara mengaitkan hasil temuan di lapangan dengan teori atau konsep yang sudah ada. Setelah itu, melakukan pengelompokan data dari hasil penelitian dan dilanjutkan dengan menyusun hasil penelitian. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat jaringan sosial yang terjadi pada pedagang etnis Minang dalam mendukung keadaan ekonomi kelompok etnis Minang menjadi lebih baik dengan adanya jaringan sosial dalam kehidupan ekonomi, terbukti dari hasil penelitian bahwa melalui jaringan sosial menciptakan akses dan kesempatan untuk masuk kedalam jaringan tersebut guna membantu memenuhi kebutuhan hidupnya. Relasi yang terjalin terdapat faktor-faktor yang mendukung relasi yang terjadi pada usaha pedagang etnis Minang tersebut yaitu adanya kepercayaan yang tinggi (trust), jaringan sosial, dan prinsip etnis minang yang ingin sama-sama berkembang dalam mempengaruhi peningkatan ekonomi yang signifikan. This study examines the Social Network of Ethnic Minang Traders (case study: ethnic traders in Tanah Abang market). The purpose of this research is to explain social network of ethnic trader of Minang in exploiting social capital so that become supporter of business happened to trader of ethnic Minang in Tanah Abang market. The concept used in this research is the context of migration, social economic network. This research uses qualitative approach with case study method. The location of research conducted in Tanah Abang market, Central Jakarta. The research was conducted in December 2016 - April 2017. The total of informants in this study were 8 people consisting of 3 ethnic traders Minang Tanah Abang market, four employees who work with the main informant and one infoman for data triagulation. Data obtained through primary data and secondary data. The data collection techniques are through observation, in-depth interviews, and documentation. Data analysis technique in this research is case study research, trying to understand the reality as it is in its purity by linking the findings in the field with existing theory or concept. After that, do the grouping of data from the results of research and continued by preparing the results of research. The findings of the research indicate that there are social networks that occur in Minang ethnic traders in supporting the economic condition of ethnic Minang group better with the existence of social network in economic life, proven from result of research that through social network create access and opportunity to enter into network Help meet the needs of his life. The relationship exists that there are factors that support the relationships that occur in the business ethang Minang traders are the high trust, social networks, and ethnic Minang principles that want to develop in developing a significant economic increase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Abdul Rahman Hamid SH., MH. 2) Ahmad Tarmiji, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:56
Last Modified: 21 Apr 2022 13:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27440

Actions (login required)

View Item View Item