MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL (Penelitian Tindakan Kelas di BKB PAUD Kenanga, Jakarta Timur)

SURYANTI, . (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL (Penelitian Tindakan Kelas di BKB PAUD Kenanga, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Suryanti.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bercerita dengan media papan flannel. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Kenanga, Utan Kayu Utara, Jakarta Timur yang dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2017. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus, Subjek penelitian adalah anak PAUD usia 5-6 tahun di PAUD Kenanga yang mempunyai masalah dalam kemampuan menyimak sebanyak 11 anak. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi berupa catatan lapangan , lembar pemantau tindakan, catan wawancara dan catatan dokumentasi. Analisis porsentasi data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pendapat kesepakatan antara peneliti dan kolaborator yang menyatakan bahwa Hasil akhir dari keseluruhan analysis persentase data adalah ketercapaian tindakan sebesar 71%. Hasil analisis data pada praintervensi didapat persentase sebesar 35,22% . Setelah diberi tindakan persentase meningkat mencapai 57,19% data yang diperoleh pada siklus 1 belum mencapai target, maka peneliti melakukan tinadakan pada siklus 2.Persentase yang diperoleh pada siklus 2 meningkat menjadi 74,91%.. Hal ini berarti dari praintervensi sampai siklus 2 memiliki kenaikan 39,58%. siklus 1 terdapat peningkatan kemampuan menyimak sebesar 21,97% , dan siklus 2 sebesar 17,61% Berdasarkan presentase ketercapaian dari penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa proses menyimak anak usia dini terjadi melalui kegiatan mendengarkan, memperhatikan, memahami, menginterpretasi, menilai, menanggapi lambang-lambang yang diungkapkan secara lisan. the Research was to improve the ability of listening in children ages 5-6 years through flannel Board storytelling. This research was carried, North Utan Kayu, which was carried out in June-July 2017. The method used is the class action research conducted through two cycles, the subject is the son of 5-6 years have had problems in the ability to listen to as many as 11 children.data was collected throngh observation other document record the percatage observational shed , field monitoring actions, interview other document. The result skor gained 35.22%. the percentage was reached 57.19% data acquired istcyle not yet reached the target, then the researchers doing tinadakan in cycle 2. Percentage obtained at cycle 2 increased to 74.91%.. This means from praintervensi until the cycle2 had a rise in 39.58%. cycle 1 there is an increased ability of listening of 21.97%, and cycle 2 of 17.61% based on percentage of ketercapaian of this research, it can be stated that the actions of the hypothesis in this study was confirmed. As for the qualitative findings acquired that early childhood listening process occurs through listening activities, pay attention, understand, interpret, assess, respond to symbols that are expressed verbally.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hikmah, M.Pd, MM. 2). Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Apr 2022 00:05
Last Modified: 22 Apr 2022 00:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27468

Actions (login required)

View Item View Item