PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SAINS (Studi Eksperimen TK Kelompok B, Kota Depok)

SUSIANI, . (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SAINS (Studi Eksperimen TK Kelompok B, Kota Depok). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SUSIANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Sains. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen desain Ramdonized Control Group Pretest Posttest. Populasi yang diambil adalah seluruh anak pada kelompok B di TK yang berada diwilayah kelurahan Pondok Cina, Kota Depok. Dengan sampel adalah anak kelompok B di TK Miftahul Jannah dan Bina Mujtama, Kota Depok yang berjumlah 30 orang yaitu 15 anak sebagai kelompok eksperimen dan 15 anak sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi pengamatan pada saat kegiatan pemberian perlakuan pembelajaran berbasis masalah dan instrumen yang sesuai dengan kemampuan berpikir kritis pada sains sebelum (Pretest) dan sesudah (Posttest). Hasil tersebut dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil pengujian Posttest kelompok eksperimen dan posttest kelompok kontrol dengan menggunakan uji t bahwa diketahui hasil dari uji t hitung 19,19 dan t tabel 0,1701. Hal ini menunjukan bahwa thitung ˃ ttabel berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis pada sains. Oleh karena itu, guru dapat memberikan pembelajaran berbasis masalah untuk membuat anak lebih tertarik belajar sains dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada sains anak. This purpose of the study was to obtain empirical data of the effect of problem based learning to critical thinking skills in science children ages 5- 6 years. The research method used was quantitative experiment design Ramdonized Control Group Pretest Posttest. The population is taken from all kindergarten group B in Kindergarten Pondok Cina, Depok. The samples were kindergarten group B in Kindergarten Miftahul Jannah and Bina Mujtama totaling 30 members, 15 children as an experimental group and control group, Depok. Samples are tahen using Simple Random Sampling. Data was collected using a observation at the time of treatment of problem based learning and instrumentcritical thinking skills in science of children ages 5-6 years in pretest and postest. The results were analyzed using descriptive and inferential statistics. Test results posttest experiment group and posttest control group using test t known the test t 19,19 and table t 0,1701.Thies result shows that test t is greater than table t means there is significant influence of problem based learning to critical thinking in science. Therefore, teachers can provide problem based learning to make children more like in studying science and development in critical thinking skills science of children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Eriva Syamsiatin, S.Pd., M.Si. 2). Dr. Hapidin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Apr 2022 00:14
Last Modified: 22 Apr 2022 00:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27471

Actions (login required)

View Item View Item