STRATEGI PEMBELAJARAN MENULIS LANJUTAN (MENGARANG) BAGI PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN DI KELAS V-A SLB-A PEMBINA TINGKAT NASIONAL JAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Untuk Strategi Pembelajaran Menulis Lanjutan yang Dilakukan Oleh Guru Terhadap Peserta Didik dengan Hambatan Penglihatan)

SYAFITRI ZAHRA, . (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN MENULIS LANJUTAN (MENGARANG) BAGI PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN DI KELAS V-A SLB-A PEMBINA TINGKAT NASIONAL JAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Untuk Strategi Pembelajaran Menulis Lanjutan yang Dilakukan Oleh Guru Terhadap Peserta Didik dengan Hambatan Penglihatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (0B)
[img] Text
Cover.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAGIAN PERTAMA.pdf

Download (391kB)
[img]
Preview
Image
Lembar Pengesahan - Syafitri Zahra.jpg

Download (1MB) | Preview
[img] Text
lampiran 7.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara mendalam mengenai strategi pembelajaran menulis lanjutan (mengarang) di kelas V-A SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta. Jumlah responden dari penelitian ini adalah 8 orang yang terdiri dari 6 peserta didik, 1 guru kelas dan 1 koordinator kurikulum.Proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdapat istilah multi metode (banyak metode) yang ditetapkan untuk pelaksanaan pembelajaran mengarang, salah satu metode yang unik adalah metode membaca. Guru membuat perencanaan pembelajaran mengarang ada yang dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran dilaksanakan. Terdapat metode membaca di dalam multi metode yang digunakan dalam pembelajaran mengarang. Pada pelaksanaan pembelajaran mengarang, guru menerapkan multi metode untuk membangun ide menulis bagi setiap peserta didik dan melakukan pembacaan cerita dongeng. Evaluasi pembelajaran mengarang dilakukan secara terbuka dan transparan. Penilaian sikap dalam pembelajaran mengarang ditujukan pada rasa empati dari peserta didik yang dibentuk dalam sebuah cerita. Sumber belajar yang kurang memadai tidak hanya dijadikan sebagai faktor penghambat, tetapi juga menjadi faktor pendukung dari pembelajaran mengarang. Saran bagi penelitian ini adalah harus dijalin kerjasama yang baik antara sekolah, guru dan orang tua untuk meningkat minat menulis lanjutan dalam diri peserta didik, terkhususnya yang sedang duduk di kelas V-A. This study aims to obtain in-depth information about instructional strategies continued to write (compose) in class V-A SLB-A Pembina National Jakarta. The number of respondents of this study is 8 people consisting of 6 students, 1 teacher and 1 coordinator of curriculum. Proses class data collection using observation, interview and documentation. The method used is descriptive method with qualitative approach. The results showed that in the Learning Implementation Plan (RPP) are the term multimethod (many methods) are set for the implementation of learning fabricate, one unique method is a method of reading. Teacher makes learning plan concocted was done before and after the learning undertaken. Is reading methods in multi methods used in learning to write. On the implementation of learning of compose, multi-method teachers use to build the idea of writing for each learner and read a fairy tale. Evaluation of learning fabricate conducted openly and transparently. Ratings attitude in learning fabricated aimed at empathy of students formed in a story. Inadequate learning resources not only be used as an inhibiting factor, but also a supporting factor of learning to write. Suggestions for this study is a good should encourage cooperation between schools, teachers and parents to increase interest in the advanced writing selflearners, especially sitting in class V-A.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Asep Supena, M.Psi. 2). Marja, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Apr 2022 00:26
Last Modified: 22 Apr 2022 00:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27475

Actions (login required)

View Item View Item