TARTILA AZZAHRA, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK EXAMPLE NON-EXAMPLE PADA BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP PEMAHAMAN KEKERASAN DALAM PACARAN (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa SMP Negeri 7 Tangerang Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
TARTILA AZZAHRA_1715130295-BK_FIP.pdf Download (1MB) |
|
Text
TARTILA AZZAHRA_daftar riwayat hidup.pdf Download (74kB) |
|
Text
TARTILA AZZAHRA_lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
TARTILA AZZAHRA_motto dan persembahan.pdf Download (69kB) |
|
Text
TARTILA AZZAHRA_originialitas.pdf Download (416kB) |
|
Text
TARTILA AZZAHRA_lembar pengesahan.pdf Download (137kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik example non-example pada bimbingan klasikal terhadap pemahaman kekerasan dalam pacaran siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Tangerang Selatan. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Jumlah populasi 267 siswa dan sampel 69 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen yang dikembangkan melalui indikator pemahaman yang dikemuka-kan Bloom. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial non parametrik. Pengujian hipotesis menggunakan Mann Whitney U-Test pada aplikasi SPSS versi 16.0. Hasil pengujian didapatkan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak karena model pembelajaran kooperatif teknik example non-example berpengaruh signifikan terhadap pemahaman kekerasan dalam pacaran. Hasil perhitungan gain ternormalisasi rata-rata tingkat pemahaman siswa mengenai kekerasan dalam pacaran kelas eksperimen sebesar 0,42 dan berada pada kategori sedang, sedangkan kelas kontrol berada pada kategori rendah yakni 0,10. Oleh sebab itu, guru bimbingan dan konseling dapat memanfaatkan model pembelajaran kooperatif teknik example non-example yang digunakan dalam penelitian ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai kekerasan dalam pacaran. This study aims the effect of example non-example technique of cooperative learning model in classical guidance to understand the dating violence in class VIII SMP Negeri 7 Tangerang Selatan. The method used was quassy experimental with a non-equivalent control group design. Number of population 267 students and sample 69 students taken by using purposive sampling technique. Data collection by developed instruments through the indicators of understanding proposed by Bloom. Data analysis techniques use descriptive and inferential statistics non-parametric. Hypothesis testing using Mann Whitney U-Test on SPSS version 16.0. Test results were obtained from Sig 0,000 < 0.05, then H0 was rejected because the example non-example technique of cooperative learning model significant to understand the dating violence. The result of normalized gain calculation, the understanding level of dating violence students in experiment class is 0.42 and is in the medium category, while the control class is in the low category of 0.10. Therefore, guidance and counseling teachers can utilize the example non-example technique of cooperative learning model that used in this study as one way to increase student’s understanding of dating violence.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Meithy Intan R. L., M.Pd. 2). Sjenny Anggraeni I., Ed. D. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 01:20 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 01:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27488 |
Actions (login required)
View Item |